Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

SMP Padangpariaman Bangun Silaturahim Melalui Pertandingan

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 12 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat membangun silaturahim antarsiswa sekolah di daerah itu melalui berbagai pertandingan dan lomba.

"Ada berbagai pertandingan dan lomba yang diselenggarakan yaitu Sepak Bola, Cerdas Cermat, Asmaul Husna, Futsal, Gerak Jalan Sehat, dan Festival Lagu Minang," kata Ketua Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun SMP Negeri 1 Aur Malintang, Junaidi di Aur Malintang, Padangpariaman, Minggu.

Ia mengatakan dengan rangkaian kegiatan dari 31 Maret sampai 29 Juni 2017 tersebut maka siswa dari 12 sekolah yang mengikuti kegiatan itu akan saling mengenal satu sama lain.

Dengan begitu siswa daerah itu akan terhindar dari tawuran antar sekolah karena telah memiliki rasa kebersamaan, katanya.

Ia mengatakan selain mempererat silaturahim kegiatan tersebut juga untuk mempersiapkan siswa guna menghadapi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau kegiatan lainnya.

"Jadi kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mencari bibit baru," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan itu merupakan bentuk perhatian alumni SMP Negeri 1 IV Koto Aur Malintang yang ingin meningkatkan silaturahmi sambil memperingati hari ulang tahun sekolahnya yang ke 36 tahun.

Ia mengatakan di akhir kegiatan akan diselenggarakan penggalangan dana dari alumni dan perantau di daerah itu guna menyelenggarakan kegiatan yang akan datang.

"Ke depan apabila anggaran mencukupi maka kami akan lebih banyak mengundang sekolah untuk berpartisipasi," katanya.

Kepala SMP Negeri 1 IV Koto Aur Mulintang, Hazairin mengatakan anggaran yang terkumpul untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut sekitar Rp37 juta yang dananya berasal dari alumni dan masyarakat.

Ia menyampaikan dana tersebut digunakan untuk tujuh kegiatan dan diharapkan tujuh kegiatan tersebut tidak saja mempererat silaturahmi namun juga melatih kecerdasan, fisik dan mental siswa.

"Semua kegiatan tersebut tidak diselenggarakan secara berturut-turut setiap harinya atau bersamaan namun ada jarak beberapa hari," katanya.

Ia menjelaskan jarak penyelenggaraan tersebut karena adanya ujian dan lomba Asmaul Husna serta Cerdas Cermat disesuaikan dengan bulan puasa.

Sementara itu, Koordinator Bagian Humas alumni SMP N 1 IV Koto Aur Malintang, Armontoni mengatakan kegiatan tersebut selain mempererat silaturahmi juga sebagai upaya agar siswa jauh dari narkoba.

"Dengan adanya pertandingan dan lomba maka siswa lebih banyak menggunakan waktunya untuk berlatih dan belajar," ujar dia. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga