Disdik Sumbar Distribusikan Naskah UN SMK

id Ujian, Nasional, Distribusi, Naskah

Disdik Sumbar Distribusikan Naskah UN SMK

(ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai mendistribusikan naskah Ujian Nasional (UN) berbasis kertas untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada hari ini.

"Naskah soal UN telah berada di Sumbar sejak seminggu yang lalu, dan mulai didistribusikan hari ini." kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan pendistribusian dilakukan keseluruh kabupaten dan kota yang berada di provinsi tersebut kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan pengawalan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya kebocoran.

"Khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai telah didistribusikan terlebih dahulu pada hari Jumat (31/3) karena untuk mencapai daerah tersebut harus menggunakan transportasi laut," ujarnya.

Setelah sampai di daerah pelaksana UN, katanya, maka naskah ujian tersebut akan diamankan di masing-masing Kepolisian Sektor (Kapolsek) setempat, dan dibagikan kepada masing-masing sekolah ketika hari H pelaksanaan ujian.

"Pihak sekolah dapat menjemput naskah soal UN pada pagi hari, sebelum pelaksanaan ujian dimulai, sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari itu" ujarnya.

Ia berharap pendistribusian soal UN dapat berjalan lancar hingga sampai ke tujuan tanpa ada kendala apapun.

Berdasarkan data Disdik Sumbar, jumlah peserta di daerah itu untuk tingkat SMK 18.975 peserta, SMA 21.063 peserta, Madrasah Aliyah 1.663 peserta, SMP 21.833 peserta, MTsN 1.207 peserta.

Sedangkan sekolah yang mengikuti UNBK terdiri dari 507 sekolah yang melaksanakan UNBK terdiri dari 157 SMP/MTS Negeri, 43 SMP/MTS Swasta, 107 SMA/MA Negeri, 54 SMA/MA Swasta dan 81 SMK Negeri serta 65 SMK Swasta.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Sementara, untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkap Pertama (SLTP), gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017. (*)