Legislator: RSP Unand Tingkatkan Integritas Pendidikan

id Rumah, Sakit, Pendidikan, Unand

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Saidal Masfiyuddin berpendapat keberadaan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Andalas (Unand) dapat memandirikan sistem pembelajaran sehingga meningkatkan integritas pendidikan khususnya kesehatan.

"Selama ini kedokteran Unand harus menjalani proses pembelajaran di RSUP Jamil, dengan adanya RSP ini maka aktivitasnya akan lebih mandiri," katanya di Padang, Jumat.

Ia menambahkan dengan adanya RSP sendiri mahasiswa dan dosen akan lebih mudah melakukan riset dan penelitian sehingga meningkatkan mutu pendidikan kedokteran.

Apalagi, ujarnya saat ini perlengkapan kesehatan di RSP tersebut sudah modern dan juga dapat melayani masyarakat umum yang hendak berobat ke sana.

"Manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," sebutnya.

Pihaknya berharap setelah adanya penambahan fasilitas itu nantinya kampus tersebut menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang berkualitas dan dapat bertugas membantu masyarakat di rumah sakit lainnya.

"Dengan adanya fasilitas yang lengkap jangan sampai kualitas lulusan semakin turun," katanya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meminta RSP Unand dapat meningkatkan mutu dokter di provinsi tersebut.

"Dengan bertambahnya pelayanan sekaligus fasilitas pendidikan kesehatan yang baru diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkualitas mumpuni," lanjutnya.

Ia menyebutkan bagi Kedokteran Unand sekaligus pengelola utama diharapkan dapat menciptakan lulusan berkualitas mulai dari tingkat sarjana hingga profesor.

RSP Unand mulai beroperasi pada Rabu (29/3). (*)