Dharmasraya Bertekad Pertahankan Opini WTP

id Opini WTP

Dharmasraya Bertekad Pertahankan Opini WTP

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat bertekad untuk mempertahankan prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

"Kita bertekad mempertahankan predikat WTP dengan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Leli Arni di Pulau Punjung, Kamis.

Ia menambahkan untuk mempertahankan opini WTP yang telah diraih pada 2016, Pemkab Dharmasraya menerapkan manajemen waktu yang lebih ketat untuk penyampaian laporan keuangan bagi setiap Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Dengan adanya laporan yang tepat waktu maka kita juga punya lebih banyak waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara internal sebelum pihak dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit," ujarnya.

Ia mengemukakan sejauh ini pihaknya memang belum memberikan laporan keuangan dan laporan aset daerah ke BPK.

Meski belum memberikan laporan, lanjutnya draf pengelolaan LKPD saat ini tinggal ditandatangani bupati dan direncanakan diserahkan besok Jumat (31/3).

"Besok direncanakan LKPD akan diserahkan ke BPK," ujarnya.

Menurutnya Kabupaten Dharmasraya termasuk salah satu daerah terbaik di Provinsi Sumbar dalam pengelolaan aset daerah.

"Kalau dari segi pengelolaan aset daerah, kita termasuk yang terbaik jika dibandingkan daerah lain," katanya.

Ia menambahkan salah satu poin penting lain untuk mempertahankan opini WTP adalah dengan membangun komunikasi yang baik dan kerjasama seluruh SOPD .

Menurutnya belum terbangunnya komunikasi dan kerjasama yang baik antar SOPD dapat menjadi kendala bagi Pemkab Dharmasraya untuk mempertahankan opini WTP. (*)