Polisi Pariaman Jadikan Purnawirawan Sebagai Panutan

id pedang pora

Polisi Pariaman Jadikan Purnawirawan Sebagai Panutan

Kapolres Kota Pariaman, Sumatera Barat, AKBP Riko Junaldy saat Upacara Pedang Pora usai menggelar Upacara Purna Tugas di Pariaman, Kamis (29/3). Pada Upacara Purna Tugas, Riko Junaldy mengatakan kepolisian kota itu menjadikan purnawirawan sebagai panutan agar di kemudian hari lebih bermanfaat di masyarakat. (ANTARA SUMBAR /Aadiaat M. S.)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadikan purnawirawan sebagai panutan agar di kemudian hari lebih bermanfaat di masyarakat.

"Banyak polisi yang telah pensiun namun beberapa di antaranya sikapnya dapat ditiru dan ditanamkan pada diri seorang polisi," kata Kepala Polres Kota Pariaman AKBP Riko Junaldy saat Upacara Purna Tugas di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan banyak sisi yang diambil dari seorang purnawirawan, salah satunya diangkat sebagai tokoh masyarakat yang tentunya diseganai di sebuah daerah, seperti di Minangkabau yaitu Panghulu.

Ia menjelaskan apabila seorang purnawirawan disegani oleh masyarakat di suatu daerah maka pensiunan polisi itu masih tetap berguna bagi masyarakat dan negara.

"Dan hal itu juga harus tertanam dalam diri seorang polisi," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap komunikasi antara dirinya dan anggotanya dapat terjaga dengan purnawirawan tersebut agar dirinya dan anggotanya selalu termotivasi.

"Kami akan menjaga komunikasi dan juga akan memfasilitasi purnawirawan untuk melakukan pertemuan bulanan," ujarnya.

Pada Upacara Purna Tugas tersebut, ia menyebutkan bahwa salah satu purnawirawan yang patut menjadi panutan yaitu Jasman mantan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman.

Ia mengatakan upacara tersebut merupakan bentuk penghormatan dirinya dan anggota lainnya kepada senior yang telah menunjukkan baktinya kepada negara selama mengabdi menjadi polisi.

Ia mengatakan ada 13 polisi yang resmi dibebastugaskan karena telah memasuki usia pensiun yang rata-rata telah mengabdi selama 35 sampai 40 tahun.

Sementara itu, Purnawirawan Jasman mengatakan akan tetap menjaga komunikasi dan akan memberikan informasi yang diperlukan kepada kepolisian.

Setelah resmi pensiun, purnawirawan yang pernah terakhir berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kapolsek Sungai Geringging itu akan lebih fokus pada ibadah namun tetap mengabdi kepada masyarakat.

"Selama ini saya diikat dinas, jadi sekarang saya ingin lebih fokus beribadah dan menunaikan ibadah umrah," ujar dia. (*)