Pesisir Selatan Berlakukan Karcis Ke Mandeh

id Mandeh, Karcis, Masuk

Pesisir Selatan Berlakukan Karcis Ke Mandeh

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan memberlakukan karcis masuk ke Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan di Painan, Kamis, mengatakan karcis tersebut akan diberlakukan pada April 2017 seharga Rp5.000 per wisatawan.

"Penjualan karcis akan ditempatkan di Nagari (Desa Adat) Ampang Pulai dan pada beberapa pulau yang dikhususkan bagi wisatawan yang datang menggunakan moda transportasi laut," katanya.

Ia menyebutkan, karcis tidak hanya menambah PAD namun juga akan meningkatkan kenyamanan wisatawan karena dengan membeli karcis maka wisatawan juga membayar asuransi untuk dirinya.

"Jika bicara pariwisata maka yang perlu disiapkan tidak hanya keindahan namun juga kenyamanan dan keamanan wisatawan," katanya.

Ia yakin dengan diberlakukannya karcis masuk ke Kawasan Mandeh akan menambah PAD secara signifikan karena kawasan tersebut ramai dikunjungi tidak hanya pada liburan namun pada hari kerja juga ramai.

Kepala Badan Pendapatan setempat, Dasrianto Putra mengatakan agar tepat sasaran pihaknya akan menempatkan satu orang pegawai Badan Pendapatan pada pos penjualan tiket.

"Agar penjualan karcis tepat sasaran pegawai pemungut akan didampingi oleh petugas monitoring dan evaluasi (monev) yang kami bentuk," katanya.

Ia menyebutkan, peluang bertambahnya PAD melalui karcis di kedua objek wisata cukup besar karena jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat. (*)