BNPB Bantu Dharmasraya Rp15 Miliar

id BNPB, Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana sebesar Rp15 miliar.

"Dharmasraya menerima dana hibah bersama 92 BPBD di Indonesia, 25 BPBD provinsi dan 67 BPBD tingkat kabupaten kota," kata Kepala BPBD Dharmasraya, Suwandi ketika dihubungi di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan penandatanganan surat terima hibah dari BNPB dihadiri langsung Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan di Gedung Graha BNPB, Jakarta Pusat hari ini.

Ia menyebutkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar hanya tiga daerah yang menerima hibah ini, yakni Kabupaten Padangpariaman, Sijunjung dan Dharmasraya.

"Alhamdulillah perjuangan kita berhasil karena tahun ini menerima dana sebesar Rp15 miliar dari Rp66 miliar yang diajukan tahun lalu," ujarnya.

Menurutnya BPBD Dharmasraya akan berkoordinasi dengan bupati untuk penggunaan dana ini, diperkirakan akan dapat digunakan pada Juli 2017.

"Nanti akan dilihat secara prioritas agar pemanfaatan dana hibah ini digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga ke depan kita berharap hibah terus mengalir untuk Dharmasraya," ujarnya.

Ia mengatakan dana rehabilitasi dan rekonstruksi akan dipergunakan untuk pemulihan infrastruktur pascabencana mengingat Kabupaten Dharmasraya selalu dilanda bencana mulai dari kekeringan, kebakaran, longsor, dan banjir.

Ia menambahkan Dharmasraya yang merupakan daerah rawan terjadi bencana alam, sehingga dana hibah ini sangat diperlukan untuk pemberian bantuan maupun penanggulangan saat terjadi bencana dapat ditangani dengan cepat.

"Tentu ini sangat membantu daerah yang selama ini mengalami kesulitan dana untuk membantu korban bencana," katanya. (*)