BKKBN: Media Berperan Sukseskan Program Kependudukan

id BKKBN, Media, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nofrijal menyatakan media memiliki andil besar dalam menyukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Tanpa adanya media yang berperan dalam penyebarluasan informasi maka program tidak akan berjalan dengan maksimal," katanya dalam pertemuan kemitraan dengan media massa se-Sumatera Barat di Padang, Rabu.

Ia menerangkan dalam penyebarluasan informasi mengenai program KKBPK, media massa merupakan garda terdepan yang mampu menyusuri lapisan masyarakat, sehingga dengan hal tersebut mampu membuat suatu program dapat diterima oleh masyarakat secara luas.

Selain itu, media harus mampu menyebarluaskan informasi secara seimbang, sehingga apa yang menjadi target dan capaian yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan maksimal.

Ia berharap dengan adanya sinergi antara BKKBN dengan media massa baik cetak maupun elektronik dapat memberikan dampak yang positif ke depannya, sehingga program KKBPK yang menjadi target dari BKKBN dapat dipahami dan dimengerti oleh masyarakat.

Senada, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahruddin mengatakan sosialisasi dan program KKBPK akan difokuskan ke daerah terpencil agar capaian peserta KB di daerah tersebut dapat meningkat, dengan sinergi dan kerjasama berbagai pihak termasuk media massa.

Sementara Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Azhari mengatakan media massa mampu mengarahkan perhatian khalayak kepada isu-isu tertentu, secara teratur dan berkesinambungan serta mengarahkan yang mempengaruhi tiap individu pengkonsumsi media untuk berpikir, mengetahui, mempunyai perasaan tertentu terhadap suatu obyek.

Ia menjelaskan dalam melakukan penyebarluasan informasi ke masyarakat, media massa berperan memberikan informasi yang mendidik, menggugah dan menghibur.

"Sehingga dalam menyukseskan program KKBPK peran media massa sangat diperlukan, agar program dapat berjalan dengan optimal," katanya.

Pertemuan Kemitraan dengan media massa se provinsi tersebut diikuti oleh lebih kurang 70 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Sumbar baik yang berasal dari media cetak, elektronik, radio dan televisi. (*)