LPM Diharapkan Himpun Partisipasi Masyarakat Membangun Daerah

id Lembaga, Pemberdayaan, Masyarakat, Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia dan menghimpun partisipasi masyarakat dalam memacu pembangunan daerah.

"Masyarakat harus diberdayakan dalam rangka pembangunan di segala bidang dan organisasi LPM bisa sebagai wadahnya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, Yulian Efi saat pengukuhan kepengurusan LPM setempat di Padang Aro, Rabu.

Menurutnya LPM diharapkan mampu berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan sesuai tugas dan fungsi sebagai lembaga kemasyarakatan.

Hal itu, ujarnya karena LPM merupakan wadah partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan berbasis masyarakat.

Ia menjelaskan LPM memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan pembangunan di Solok Selatan karena bisa merangkul dan bersentuhan langsung dengan masyarakat di Nagari.

"LPM sebagai mitra kerja pemerintahan berperan strategi dalam rangka penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan di masyarakat di Nagari supaya pembangunan bisa lebih baik lagi," katanya.

Kepengurusan DPD LPM Solok Selatan masa bakti 2016-2021 dipercayakan kepada Carda Sangir sebagai Ketua, Andison sebagai Sekretaris dan Riki Rivaldo sebagai Bendahara serta dilengkapi struktur organisasi lainnya.

Wakil Ketua LPM Sumatera Barat, Darmansyah Siroen usai melantik kepengurusan DPD LPM Solok Selatan mengharapkan kepengurusan memiliki terobosan dan pemikiran dalam memajukan pembangunan.

LPM, jelasnya harus memiliki orientasi lebih maju dan lebih luas lagi untuk pembangunan di berbagai sektor dalam menunjang pembangunan.

"Kita dituntut agar konsisten dalam menjalankan aturan organisasi, selanjutnya program binaan terhadap organisasi dan anggota pun harus terus ditingkatkan dan dilakukan sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan anggota yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Ia menambahkan sebagai sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan LPM Solok Selatan harus siap untuk mendukung program pembangunan didaerah itu baik yang bersifat fisik, sosial budaya dan kemasyarakatan serta siap menjadi ujung tombak dalam pelaksanaannya.

"Kepengurusan LPM diharapkan bisa mengkoordinasi, merencanakan dan melaksanakan tugas dan fungsi dalam rangka menguatkan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPM Solok Selatan Carda Sangir berharap dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemerintah Daerah agar program kerja yang disusun bisa berjalan dengan baik. (*)