125 Pemuda Sumbar Ikuti Seleksi Program PPAN

id Pertukaran Pemuda Antar-Negara, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 125 pemuda Sumatera Barat mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar-Negara 2017 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga setempat dari 27 Februari hingga 27 Maret.

"Saat ini yang terdaftar 125 orang yang berasal dari kabupaten/kota se-Sumbar yang akan mengikuti seleksi kembali pada 29 Maret," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sumbar Yulfina di Padang, Senin.

Ia menyebutkan pemuda yang mendaftar seleksi ini berasal dari mahasiswa,dan beberapa organisasi pemuda yang berada di setiap daerah yang bersangkutan.

Ia menjelaskan bahwa tahun ini program PPAN Sumbar diprioritaskan untuk lima negara yaitu Indonesia-Kanada, Indonesia-ASEAN dan Jepang, Indonesia-Malaysia, Indonesia-Australia, dan Indonesia-India.

Ia melanjutkan seleksi akan diadakan tiga tahap yakni administrasi, tertulis, dan wawancara yang diselenggarakan dari 29 Maret hingga 8 April 2017 yang berpusat di Padang.

Namun pada seleksi wawancara akan menyisakan 30 peserta untuk mengikuti tahap tersebut, hingga pihaknya mendapatkan lima pemuda untuk mengikuti program tersebut.

"Kami hanya meloloskan satu orang pemuda dari masing-masing negara yang dituju tersebut, jadi akan ada lima pemuda yang akan lolos dari seleksi ini" katanya.

Ia mengharapkan pemuda yang ikut dalam seleksi ini mampu menunjukkan kemampuan dan prestasi serta bakat yang dimiliki dan nantinya mampu menjadi keunggulan yang akan dikenalkan pada bangsa lain.

Selain itu, ia juga mengharapkan pemuda yang lolos nantinya mampu mengenalkan pada bangsa lain tentang segala potensi sumber daya alam Ranah Minang, baik itu pariwisata serta segala keunikan bangsa Indonesia dibandingkan dengan negara lain. (*)