Ratusan Guru Honorer K2 Pesisir Selatan Berdemonstrasi

id Guru, Demonstrasi, Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Ratusan guru honorer kategori dua atau K2 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berdemonstrasi di Painan, Senin, terkait pengumuman kelulusan seleksi guru kontrak pada daerah setempat.

Salah seorang demonstran yang merupakan guru honorer SDN 05 Alang Rambah, Kecamatan Tapan, Imaliadi mengatakan demo dilaksanakan karena mereka menilai terdapat kejanggalan pada pengumuman kelulusan tersebut.

Kejanggalan itu diantaranya syarat bagi pelamar umum minimal berijazah strata satu namun ada yang masih kuliah yang mengikutinya dan dinyatakan lulus.

Setelah itu kuota guru kelas pada pengumuman diterima sebanyak 15 orang namun yang lulus hanya 14 orang.

"Masih banyak kejanggalan lainnya, kami tidak puas dengan seleksi yang dilakukan, kami menuntut agar pemerintah kabupaten memberikan penjelasan dan mengangkat kami dari kalangan honorer K2 menjadi kontrak daerah," katanya.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengajak demonstran untuk tetap tenang dan berjanji akan menampung aspirasi mereka.

"Kami akan tampung dan ini akan kami bicarakan dengan DPRD kabupaten karena pengangkatan honorer menjadi kontrak butuh biaya," kata dia.

Wakil Ketua DPRD Pesisir Selatan, Aprial Abas mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan setempat untuk menjelaskan proses seleksi yang dilaksanakan.

"Ini menjadi bahan, jika terbukti minimal mereka yang dinyatakan lulus namun cacat administrasi kelulusannya akan dibatalkan," katanya.

Ia juga mengimbau demonstran untuk tenang hingga pihaknya mendapat informasi yang jelas.

Setelah menemui pimpinan DPRD setempat demonstran tersebut langsung membubarkan diri. (*)