Kopertis-X Imbau PTS Bermasalah Segera Melapor

id Kopertis-X, Perguruan Tinggi, Bermasalah

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau mengimbau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bermasalah di keempat provinsi tersebut segera melaporkan kepada pihaknya.

"Baik itu belum terakreditasi atau lambat, permasalahan sarana prasarana, kekurangan mahasiswa dan sebagainya," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan bila masih belum terakreditasi atau belum akreditasi ulang segera mengajukan laporan kepada Kopertis agar segera diselesaikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dalam hal ini kata dia, tidak dibuat berlarut-larut sehingga berujung pada sanksi atau tidak bisa wisuda bagi mahasiswanya.

"Permasalahan sarana prasarana, permintaan beasiswa hingga hibah penelitian harus segera dilaporkan agar tidak kehilangan kuota," ujar dia.

Dia menyebutkan sarana seperti gedung kuliah dan jurusan, laboratorium, dan perpustakaan menjadi sesuatu yang wajib dilaporkan termasuk isi di dalamnya.

Termasuk bila kekurangan mahasiswa atau penambahan dosen, bila tidak memadai tentu Kopertis akan merekomendasikan untuk dicarikan.

"Koordinasi harus terus dijalin dengan pengelola yayasan, pimpinan dan Kopertis," kata dia.

Termasuk juga pembangunan gedung baru atau penambahan program studi yang diketahui oleh Kopertis.

"Dengan ini fungsi pengawasan, pengendalian dan pembinaan bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Sementara itu salah satu dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Sumbar Verawati berharap Kemenristekdikti memberikan kemudahan bagi dosen, prodi atau kampus yang bermasalah dalam memecahkan persoalannya.

Sebab katanya persoalan adanya penutupan kampus beberapa waktu lalu dikarenakan tidak sinkronnya hubungan antara yayasan, pimpinan, dan Kemenristekdikti.

Selain itu ada juga faktor rumitnya birokrasi di pemerintahan untuk izin, dan surat keterangan lainnya. (*)