Sawahlunto Siapkan Atlet Untuk Kejuaraan Panjat Tebing Regional

id panjat tebing

Sawahlunto Siapkan Atlet Untuk Kejuaraan Panjat Tebing Regional

Sawahlunto, Antara - Salah seorang atlet Panjat Tebing Kota Sawahlunto, saat menjalani sesi latihan dalam menghadapi Kejurnas Panjat Tebing Regional Sumatera 2016, di kawasan Lapangan SILO Kota Sawahlunto, 20 - 23 April 2016. (Foto Dok Antara Sumbar) (Rully Firmansyah)

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat persiapkan sebanyak 18 atlet pemanjat guna mengikuti kejuaraan tingkat regional Sumatera di Batam, 5 April 2017.

"Direncanakan kami akan turun di setiap kelas perlombaan pada kategori kelompok umur dan mahasiswa, keikutsertaan ini sekaligus uji coba jelang pelaksanaan kejuaraan nasional panjat tebing di kota itu pada Agustus 2017," kata Sekretaris FPTI setempat, Aspil Abyas di Sawahlunto, Minggu.

Komposisi atlet kali ini, lanjutnya sebagian besar sudah memiliki pengalaman bertanding pada beberapa kejuaraan sebelumnya baik tingkat provinsi maupun nasional.

Menurutnya, saat ini seluruhnya sedang menjalani tahapan pemusatan latihan secara terpadu serta persiapan lainnya sebelum diberangkatkan pada Kamis(30/3).

"Kami sengaja berangkat lebih awal agar mereka bisa melakukan pengenalan terhadap situasi dan kondisi di lapangan, hal itu penting dalam menjaga stamina serta penentuan strategi pemanjatan pada dinding yang akan mereka taklukkan," kata dia.

Terkait pencapaian terakhir FPTI setempat, ia menjelaskan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar di Padang, atlet binaannya mampu mengoleksi medali sebanyak tujuh emas, enam perak dan delapan perunggu.

Pada kejuaraan yang akan mereka ikuti di Batam tersebut, materi yang akan dibawa termasuk peraih medali serta beberapa atlet junior lapis kedua.

"Kami sengaja menggabungkan materi yang ada agar terjadi pemerataan pengalaman bertanding, disamping terus mematangkan penguasaan teknik pemanjatan serta olah stamina yang sangat mereka butuhkan dalam meraih prestasi," kata dia.

Sementara itu, salah seorang official atlet, Roynaldo mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan pendanaan bagi keberangkatan mereka ke kejuaraan tersebut oleh pihak KONI setempat.

"Semoga tidak ada perubahan terkait keikutsertaan kami kali ini," ujarnya.

Sebelumnya, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Sawahlunto, persiapkan pelaksanaan kejurnas yang dijadwalkan akan berlangsung pada Agustus 2017.

"Saat ini persiapan mendasar seperti penataan dinding panjat untuk kategori boulder sedang dirampungkan, sementara dinding panjat kategori speed dan lead sudah siap pakai," kata Ketua Harian FPTI setempat, Epy Kusnadi SH. (*)