Masyarakat Kajai Diberikan Sosialisasi Tentang Kanker

id masyarakat kajai

Masyarakat Kajai Diberikan Sosialisasi Tentang Kanker

Dinas Kesehatan dan Petugas Pueskesmas Kajai Kabupaten Pasaman Barat saat memberikan sosialisasi penyakit kanker surviks kepada warga Kajai, Minggu (26/3) ((ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Masyarakat Kajai Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan sosialisasi seputar penyakit kanker serviks atau Inspeksi Visualisasi Asam Asetat (IVA) di Simpang Empat, Minggu.

"Sosialisasi ini kita lakukan di Kantor Walinagari Kajai untuk melihat seberapa penting IVA test pada seorang wanita yang sudah menikah dan berusia 30 tahun ke atas," kata Kepala Puskesmas Kajai, Affan Akbar Talami.

Ia menambahkan pihaknya menghadirkan ahli yang menguasai seputar kanker surviks. Itu beryujuan agar informasi yang disampaikan pada sosialisasi ini dapat dilanjutkan ke seluruh masyarakat Kajai.

Ia menyebutkan Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat harus memberikan penyuluhan tentang segala sesuatu penyakit. Karena tugas Puskesmas selain mengobati juga melakukan pencegahan.

"Dengan dilakukan pemeriksaan IVA Test, kita bisa mengetahui apakah ada tanda-tanda keganasan kanker serviks dalam tubuh seorang wanita atau tidak," katanya.

Pihaknya merencanakan akan menjadikan kegiatan sosiaalisasi ini kegiatan rutin di Puskesmas.

Puskesmas Kajai sudah menyusun jadwal pelayanan rutin IVA TEst ini setiap hari Senin setiap minggunya.

Dimana proses pendataan calon yang akan melakukan IVA Test harus mendaftarkan dirinya ke bidan desa atau bidan jorong yang ada di sekitar rumahnya.

Tujuannya ntuk memudahkan beberapa jumlah yang akan dilayani, sehingga Puskesmas bisa lebih siap dalam mempersiapkan alat atau bahan serta petugasnya.

"Dalam proses pembiayaan pelayanan IVA Test yang akan dilakukan semuanya gratis. Hanya dengan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS saja," ujarnya.

Untuk masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS, cukup dengan melampirkan fotocopy kartu keluarga dan KTP saja mereka langsung bisa ikut dalam IVA Test tanpa di pungut biaya apapun.

Salah seorang warga Kajai, Iden menyambut baik adanya sosialisasi ini sehingga wanita yang ada mnegetahui penyebab dan tanda-tanda penyakit kankers serviks.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat," katanya. (*)