Rektor : Lulusan UNP Peka Terhadap Lingkungan Masyarakat

id wisuda

Rektor : Lulusan UNP Peka Terhadap Lingkungan Masyarakat

PADANG, 19/3 - Para wisudawan-wisudawati menanti penyerahan ijazah pada Wisuda Universitas Negeri Padang (UNP) periode ke-90 di GOR UNP, Padang, Sabtu (19/3). UNP mewisuda 2.876 wisudawan/ti, 10 di antaranya memperoleh Gelar Doktor. FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/11 ()

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), Ganefri mengajak civitas akademik lulusan kampus itu memiliki kepekaan terhadap kejadian di lingkungan kehidupan masyarakat.

"Kepekaan terhadap situasi serta keadaan yang terjadi di lingkungan bermasyarakat harus dimiliki, sebagai dasar pengaplikasian ilmu yang dimiliki," katanya saat wisuda UNP ke 108, di Padang, Sabtu.

Sehingga, tambahnya ilmu tersebut dapat tepat sasaran dan dampaknya bisa dirasakan masyarakat untuk menyelesaikan suatu persoalan.

"Hal itu sejalan dengan tri dharma perguruan tinggi sendiri," ujarnya.

Selain itu, ia memberikan penekanan pada prinsip kejujuran dalam penerapan ilmu yang dimiliki.

Ganefri juga mengatakan wisuda ke 108 UNp itu juga menjadi moment berubahnya statuta UNP sesuai Permenristekdikti Nomor 67 tahun 2016 tentang Statuta UNP.

Dengan perubahan statuta tersebut, wisuda yang biasanya dilaksanakan dalam bentuk Sidang Senat Terbuka, diubah menjadi Rapat Wisuda Terbuka.

Selain itu juga dilakukan perubahan pada tingkatan pelaksanaan wisuda. Terhitung sejak wisuda ke 108 UNP hanya akan menggelar wisuda di tingkat universitas saja.

"Mulai saat ini dan yang akan datang, wisuda hanya dilaksanakan di tingkat universitas saja. Tidak ada lagi wisuda di tingkat fakultas seperti sebelumnya," katanya.

Dalam wisuda ke 108 itu diwisuda sebanyak 3.048 mahasiswa yang pelaksanaannya dibagi pada tiga hari yaitu Sabtu (25/3), Minggu (26/3), dan Senin (27/3), mengingat banyaknya jumlah wisudawan.

Pada bagian lain, pada kesempatan itu juga digelar orasi ilmiah dari Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dengan judul "Arah dan kebijakan Pemerintah Kota Padang Dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik (guru) dan Tenaga Profesional lainnya".

"Kami berharap UNP terus berbenah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM), yang berguna bagi pembangunan daerah," katanya. (*)