Hendra Irwan Rahim Harapkan HPN Bangkitkan Pariwisata Sumbar

id Hendra Irwan

Hendra Irwan Rahim Harapkan HPN Bangkitkan Pariwisata Sumbar

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Sumatera Barat (Sumbar) berpendapat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan diselenggarakan di Kota Padang dapat menggenjot promosi pariwisata provinsi setempat.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim di Padang, Sabtu, mengatakan ketika kegiatan HPN berlangsung tentu akan banyak wartawan maupun pihak lain yang datang dari seluruh Indonesia ke Sumbar sehingga hal itu akan menggenjot sektor pariwisata daerah ini yang sudah dikenal karena keindahannya.

"Media-media yang datang baik lokal maupun nasional tentu mengekspos Sumbar termasuk tempat wisatanya," ujarnya.

Ia menyampaikan semua pihak dari luar daerah untuk menghadiri kegiatan HPN bisa menyempatkan berlibur ke tempat-tempat wisata Sumbar yang dekat dari Kota Padang.

Tempat wisata yang ada di Kota Padang cukup banyak apalagi wisata bahari seperti Gunung Padang, Pulau Pasumpahan, dan pulau-pulau kecil lain yang sudah tersedia fasilitasnya, katanya.

Kemudian pihaknya juga mengapresiasi terpilihnya provinsi setempat sebagai tuan rumah peringatan HPN 2018 yang akan diselenggarakan di Kota Padang karena juga menjadi momen kemajuan bagi dunia jurnalistik provinsi itu.

"Kita akan dukung dengan penganggaran 2018 sehingga kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Untuk itu mendorong pemerintah provinsi agar segera membentuk tim pra persiapan pelaksanaan HPN yang merancang pelaksanaan acara berskala nasional tersebut.

"Persiapan kegiatan ini harus matang agar tidak ada kesalahan yang bisa membuat Sumbar malu," sebutnya.

Ia juga berharap semua pihak mendukung pelaksanaan HPN di Ranah Minang.

Sebelumnya Ketua PWI Sumbar, Heranof HPN 2018 memastikan dilaksanakan di Kota Padang setelah Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengeluarkan keputusan usai melaksanakan rapat pleno di Jakarta.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi tentang kepastian tersebut. Surat Keputusan PP PWI pusat juga sudah ditandatangani oleh Ketua Margiono dan Sekretaris Jendral Hendry Ch Bangun," katanya.

Menurutnya Sumbar mengajukan diri bersama dua daerah lain yaitu Surakarta, Jawa Tengah dan Medan, Sumatera Utara. Tim verifikasi dari PWI pusat menilai tiga daerah memenuhi persyaratan hingga sempat dilakukan "voting" untuk menentukan tempat pelaksanaan HPN 2018. (*)