PDAM Agam Tambah Pelanggan Jawab Keluhan Warga

id PDAM

PDAM Agam Tambah Pelanggan Jawab Keluhan Warga

Ilustrasi. (Antara) ( )

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pemasangan baru sebanyak 700 pelanggan di tiga kantor unit di daerah itu selama 2017.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endrinelson di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan ke 700 pelanggan baru ini ditargetkan di Unit Tiku, Unit Batu Kambiang dan Unit Matur.

"Kita memprioritaskan pemasangan baru ini ditiga kantor unit karena daerah itu masih banyak warga yang belum menikmati air bersih," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya akan segera memproses apabila permohonan mereka sudah masuk ke PDAM Tirta Antokan, dengan cara menurunkan petugas untuk meninjau rumah mereka.

"Apabila rumah mereka dekat dari jaringan distribusi, maka langsung dipasang. Kita juga memberikan kemudahan kepada pemohon," katanya.

Pada 2016, sebutnya target pemasangan baru sebanyak 700 pelanggan dan terealisasi sebanyak 400 pelanggan.

Sementara target pada 2015 sebanyak 900 pelanggan dan terealisasi hanya 494 pelanggan dan pada 2014 sebanyak 750 pelanggan dan terealisasi hanya 484 pelanggan.

Saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Antokan sebanyak 12.098 pelanggan tersebar di Unit Lubuk Basung, Unit Matur, Unit Ampek Koto, Unit Sungai Pua, Unit Ampek Angkek, Unit Baso, Unit Maninjau, Unit Tiku, Unit Batu Kambing.

Salah seorang warga Agam, Syahrizal (39) berharap PDAM Tirta Antokan menyambungkan air bersih kerumahnya karena pihaknya telah mengajukan permohonan pemasangan baru beberapa tahun lalu.

Namun sampai saat ini belum disambungkan dengan alasan lokasi rumah berada di dataran tinggi.

Dengan cara ini pihaknya memanfaatkan sumber air dengan jarak sekitar 800 meter dari rumah dan memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari

"Dengan kondisi ini saya berharap PDAM Tirta Antokan untuk menyambungkan air bersih ke rumah, sehingga kami tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih," katanya. (*)