Presiden Resmikan Asrama Haji Di Mandailing Natal

id Haji

Presiden Resmikan Asrama Haji Di Mandailing Natal

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal di Sumatera Utara untuk meresmikan Asrama Haji Mandailing Natal yang berlokasi di kawasan Masjid Agung Nur Alannur serta menghadiri Silaturahmi Nasional Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI).

"Asrama haji pertama yang ingin kita mulai pada pagi ini, semoga nantinya bermanfaat bagi seluruh calon jamaah haji maupun jamaah haji yang pulang dari tanah suci" kata Presiden Joko Widodo di Mandailing Natal, Sabtu.

Dalam siaran pers Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden yang diterima Antara, Presiden meminta penambahan kuota haji saat dua tahun lalu berkunjung ke Arab Saudi dan saat pertemuannya dengan Raja Salman.

Pada 2017, Indonesia mendapat tambahan kuota haji sebanyak 52.200. "Alhamdulillah tahun ini tidak hanya tambahan kuota 10.000, tapi juga tambahan pengembalian pada saat yang lalu kita dikurangi," jelas Jokowi.

Penambahan kuota hampir sebesar 30 persen tersebut meningkatkan total kuota haji Indonesia menjadi 221.000 dari sebelumnya 168.800.

Kepala Negara menjelaskan penambahan tersebut menjadi kewajaran karena Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

"Dan tentu saja supaya tidak lama-lama orang untuk menunggu naik haji," ujar Jokowi.

Sejak 2013, jumlah kuota jamaah haji dari seluruh negara mengalami pengurangan sebesar 20 persen.

Hal tersebut dilakukan seiring dengan peluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram, Mekkah.

Saat kunjungan ke Mandailing Natal, Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi beserta sejumlah pejabat pemerintah yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Silatnas JBMI

Selain meresmikan Asrama Haji, Jokowi juga akan menghadiri Silaturahmi Nasional Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Lembah Sorik Merapi.

Rencananya Presiden akan meresmikan pembangunan asrama putri ponpes tersebut.

Sebanyak dua agenda kegiatan lain yang dihadiri Presiden sebelum melanjutkan "blusukan" menuju Padang Sidimpuan adalah penyerahan Kartu Indonesia Pintar, Pemberian Makanan Tambahan, Program Keluarga Harapan, dan Kartu Indonesia Sehat serta penyerahan sertifikat hak atas tanah.

Dari Padang Sidimpuan pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah menumpang helikopter Super Puma TNI AU.

Selanjutnya rombongan kepresidenan akan kembali ke Jakarta dari Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85. (*)