Senin, 24 April 2017 - 28 Rajab 1438 H

Pertamina Luncurkan Elpiji 5,5 Kilogram Di Sumbar

General Manager Pertamina Marketing Operation Region I, Eldi Hendry (tengah) menyerahkan tabung bright gas 5,5 kilogram kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kanan) di Padang, Sabtu. Pertamina meluncurkan produk elpiji nonsubsidi bernama Bright Gas dengan berat tabung 5,5 kilogram dengan harga Rp65 ribu per tabung. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)
Padang, (Antara Sumbar) - PT Pertamina meluncurkan produk elpiji nonsubsidi bernama Bright Gas dengan berat tabung 5,5 kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) guna memenuhi kebutuhan bahan bakar yang lebih praktis dan efisien.

"Selama ini ada jarak antara elpiji tiga kilogram dengan 12 kilogram karena selisih harga yang cukup jauh, oleh sebab itu Pertamina menyediakan varian tabung 5,5 kilogram untuk mengisi celah tersebut," kata General Manager Pertamina Marketing Operation Region I, Eldi Hendry di Padang, Sabtu saat peluncuran.

Ia menambahkan Bright gas 5,5 kilogram secara harga lebih terjangkau yaitu Rp65 ribu per tabung dan tidak terlalu berat sehingga mudah diangkat oleh ibu-ibu yang hendak memasak.

"Ini dapat menjadi pilihan kepada konsumen yang membutuhkan bahan bakar elpiji karena lebih ringan dan praktis serta harga lebih terjangkau," ujar dia.

Selain itu, Eldi juga menyampaikan Bright Gas 5,5 kilogram memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki fitur katup ganda yang mengadopsi teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) sehingga dua kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung.

Lalu ada tambahan fitur keamanan diperkuat dengan tambahan segel resmi Pertamina yang dilengkapi hologram fitur Optical Color Switch (OCS) telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan, katanya.

Ia menyebutkan harga jual tabung Bright Gas 5,5 kilogram beserta isinya untuk wilayah Sumatera Barat sebesar Rp330.000.

Bagi konsumen yang ingin mendapatkan Bright Gas 5,5 kilogram, juga bisa dengan menukarkan dua tabung kosong elpiji tiga kilogram dan tambahan uang senilai Rp110.000, katanya.

Pada tahap awal telah disiapkan 65.000 tabung Bright Gas 5,5 kilogram melalui 20 agen dan 2.400 outlet termasuk pangkalan Elpiji PSO yang tersebar di Sumbar.

Terkait adanya pandangan peluncuran Bright Gas 5,5 kilogram sebagai upaya mengurangi elpiji tiga kilogram, Eldi membantah hal itu dan menegaskan yang 3 kilogram adalah program pemerintah sementara 5,5 kilogram nonsubsidi.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan peluncuran Bright Gas 5,5 kilogram merupakan solusi sehingga tidak ada lagi konsumen yang sebenarnya mampu tapi masih menggunakan elpiji 3 kilogram.

Secara harga lebih terjangkau dibandingkan 12 kilogram, sehingga diharapkan mereka yang menggunakan elpiji tiga kilogram adalah yang benar-benar berhak, ujarnya. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
        Sebagai primata yang dikenal cukup pintar, beruk (kera besar yang berekor pendek dan kecil) memang ...
Baca Juga