Tiga Anak Balita Tenggelam di Pasaman Barat, Satu Selamat

id dirawat

Tiga Anak Balita Tenggelam di Pasaman Barat, Satu Selamat

Salah seorang balita yang selamat tenggelam di Pantai Sasak dirawat intensif di Puskesmas Sasak, Jumat (24/3). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Tiga orang anak warga Jorong Pondok tenggelam saat mandi di Sungai Merdeka di Jorong Pondok, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (24/3) siang.

Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, AKBP Djoko Ananto melalui Kepala Sub Bagian Humas, AKP Muzhendra mengatakan dua orang anak meninggal dalam kejadian itu atas nama Marfa (4) dan Farhan (5). Sedangkan satu anak lagi Hama Ani (3) selamat dan masih menjalani perawatan medis di Puskesmas Sasak.

Ia menjelaskan Kejadian itu berawal dari ketiga orang korban yang masih balita mandi-mandi di pinggir sungai merdeka Muaro Sasak di belakang rumah korban tanpa pengawasan orang tua.

Diduga korban mandi agak ke tengah sungai dan belum bisa berenang sehingga korban langsung tenggelam. Kemudian kejadian diketahui oleh nenek korban, Upiak Sewa (55) dan langsung memberitahukan kejadian tersebut kepada orang tua korban serta masyarakat sekitar.

Mendapat informasi itu masyarakat langsung memberikan pertolongan dan membawa korban dalam kondisi lemas ke Puskesmas Sasak guna mendapatkan bantuan medis.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis di Puskesmas Sasak terhadap korban Farhan dan Marfa karena kondisi fisiknya semakin memburuk, sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Jambak, namun di tengah perjalanan keduanya meninggal dunia.

"Sementara korban Hama Ani masih mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Sasak," kata Muzhendra.

Dari hasil pemeriksaan medis terhadap korban selamat dan meninggal dunia disebabkan lemas akibat banyak masuknya air ke dalam tubuh korban. Sementara tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan lain pada tubuh korban.

"Ketiga anak itu bukan kakak beradik dan hanya tetangga," ujarnya. (*)