Dharmasraya Anggarkan Uang Saku Peserta Magang Luar Negeri

id Magang Luar Negeri

Dharmasraya Anggarkan Uang Saku Peserta Magang Luar Negeri

Iluatrasi - Lowongan Magang ke Luar Negeri. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pada 2018 akan menganggarkan dana sebesar Rp150 juta untuk pemberian uang saku bagi warga daerah itu yang mengikuti program magang kerja ke luar negeri.

"Peserta magang ke luar negeri terkadang harus membatalkan kesempatan yang ada karena tidak memiliki uang saku, dan selama ini memang belum ada dianggarkan," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi setempat, Yefrinaldi di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan dengan adanya anggaran untuk uang saku akan meringankan beban peserta magang yang mendapat kesempatan ke luar negeri seperti ke Jepang.

Program magang ke Jepang digagas oleh pemerintah provisi, namun peserta harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk keperluan mengikuti prosedur mulai dari proses seleksi.

Biaya yang harus dipersiapkan peserta di antaranya biaya seleksi, biaya medical check up, biaya pembutan paspor, biaya visa, uang saku awal, dan biaya keperluan pribadi lainnya yang juga harus ditanggung peserta.

"Setidaknya dapat memberikan bantuan uang saku, dan tentu ini akan membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu secara ekonomi," ujar dia.

Ia mengatakan anggaran ini akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Dengan anggaran Rp150 juta itu dapat membantu 10 peserta magang ke luar negeri.

Tahun ini pemerintah setempat juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti program magang ke Jepang, namun belum dapat diberikan uang saku.

Magang ke Jepang merupakan program Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar yang mana pemerintah kabupaten/kota sebagai fasilitasi saja dari kegiatan ini.

"Sampai saat ini sudah puluhan orang yang menyerahkan berkas pendafatran untuk mengikuti seleksi," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin mendaftar dapat melihat ketentuan persyaratan pendaftaran di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Dharmasraya, Jalan Lintas Sumatera, KM 4 Pulau Punjung, tambahnya. (*)