Bank Mega Bantu Bangun Sekolah Rp800 Juta

id Bank Mega

Bank Mega Bantu Bangun Sekolah Rp800 Juta

Direktur Utama Bank Mega, Kostaman Thayib (dua dari kanan) meninjau pembangunan MTS dan MA Al Furqan di Padang, Kamis . Bank Mega lewat program Mega Berbagi membantu pembangunan sekolah tersebut Rp800 juta dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air. (Ikhwan Wahyudi/Antara Sumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Bank Mega membantu pembangunan kembali dua sekolah di Padang, Sumatera Barat yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al Furqan di Kecamatan Koto Tangah senilai Rp800 juta lewat program Mega Berbagi.

"Kami punya program Mega Berbagi disisihkan dari satu persen bunga yang diterima nasabah dan satu persen tambahan dari Bank Mega diperuntukan membangun pendidikan agar Indonesia lebih baik," kata Direktur Utama Bank Mega, Kostaman Thayib di Padang, Kamis ketika meninjau pembangunan sekolah.

Ia menyebutkan sejak program tersebut digulirkan jumlah dana donasi Tabungan Mega Berbagi yang berhasil dihimpun mencapai Rp76 miliar dari sekitar 86 ribu nasabah yang ada di seluruh Indonesia.

"Pendidikan menjadi fokus utama penyaluran bantuan karena selain tenaga pendidik dan kurikulum, kondisi fisik dan kelayakan gedung sekolah juga menjadi penentu kualitas pendidikan anak bangsa, katanya.

Saat ini Bank Mega sudah memberikan bantuan kepada 34 sekolah di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Ia mengatakan untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al Furqan pihaknya membangun lima ruangan kelas, merenovasi tiga kelas dan membangun toilet serta lapangan upacara.

Hingga saat ini proses pembangunan sudah berjalan sekitar 50 persen dan ditargetkan dua bulan ke depan sudah rampung.

Selain itu Bank Mega juga menggelar edukasi tentang tabungan dan perbankan kepada siswa kedua sekolah untuk meningkatkan pemahaman tentang lembaga keuangan.

Sementara Kepala Madrasah Aliyah Al Furqan Desma Elfa Sinar mengatakan sekolah tersebut berdiri sejak 2002 dan saat ini memiliki 160 siswa untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah.

Awalnya kami menumpang pada bangunan yang tidak terpakai, akhirnya saat ini sekolah sudah dibangun di lokasi yang lebih layak dan memadai, katanya.

Ia mengatakan melalui bantuan Bank Mega fasilitas sekolah menjadi lengkap sehingga diharapkan akan meningkatkan kualitas belajar. (*)