Satpol PP Pesisir Selatan Butuh Penambahan Personel

id Satpol PP

Satpol PP Pesisir Selatan Butuh Penambahan Personel

Ilustrasi - Personel Satpol PP. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat butuh penambahan personel guna memaksimalkan penegakan peraturan daerah (perda).

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Harianto di Painan, Kamis, mengatakan pihaknya membutuhkan 70 personel tambahan yang akan ditempatkan di 14 kecamatan yang ada.

"Lima personel ditempatkan di masing-masing kecamatan, dengan begitu penegakan perda terutama perda keamanan dan ketertiban umum bisa dilaksanakan maksimal," ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini pihaknya hanya diperkuat 80 personel dan harus menjangkau seluruh kecamatan dengan populasi penduduk lebih kurang 450 ribu jiwa.

"Dengan jumlah personel saat ini jelas tidak seimbang ditambah jarak ibukota ke kecamatan yang lumayan jauh, bahkan membutuhkan waktu empat hingga lima jam berkendara," kata dia.

Untuk itu, tambahnya dengan penambahan personel dimasing-masing kecamatan diharapkan penegakan perda bisa lebih efektif.

Menurut Harianto hal tersebut telah disampaikan ke kepala daerah dan sesuai rencana pemenuhannya dilaksanakan pada 2018.

"Setidaknya kami butuh tambahan anggaran Rp1,5 miliar dari anggaran saat ini," ujarnya.

Warga setempat, Zainal berharap pemenuhan personel Satpol PP menjadi perhatian pemerintah kabupaten sehingga perda yang lahir dengan anggaran yang besar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Kami berharap pembentukan perda bukan karena ingin mengejar jumlah namun penegakannya jauh lebih penting," kata dia. (*)