Pesisir Selatan Awasi Oknum LSM Meresahkan

id Pesisir Selatan, Lembaga Swadaya Masyarakat

Painan, (Antara Sumbar) - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) sedang mengawasi satu oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) meresahkan di daerah setempat.

Kepala Bagian Kesbangpol Pesisir Selatan, Dailipal di Painan, Kamis, mengatakan LSM tersebut merekrut seterusnya melatih anggotanya agar bisa bekerja layaknya seorang intelijen.

"Agar bisa bergabung calon anggota harus menyetor sejumlah uang untuk keperluan latihan dan juga perlengkapan seragam hingga kartu tanda anggota," kata Dailipal.

Setelah laporan keberadaan LSM diterima pada akhir 2015 pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres dan Kodim setempat.

"Hingga sekarang LSM tersebut belum terlacak namun nama hingga kartu tanda anggota milik LSM itu sudah kami kantongi," katanya.

Ia menyebutkan hingga saat ini belum ada masyarakat yang melapor menjadi korban oknum LSM tersebut.

Kepada masyarakat pihaknya berpesan agar jeli memilah LSM sebelumnya menyatakan diri untuk bergabung, sehingga tidak menjadi korban penipuan hingga diperalat oleh pihak tertentu.

Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan, AKBP Deni Yuhasdi mengajak masyarakat berperan dalam pengawasan LSM sehingga tidak ada oknum masyarakat yang memanfaatkan sebuah LSM melakukan perbuatan yang melanggar.

"Mari sama-sama kita awasi, idealnya LSM bekerja dan melayani tanpa iming-iming mencari keuntungan bukan sebaliknya, jadi, jika ada yang menyalahi silahkan melapor," katanya. (*)