Terminal Angkot Bergantung Penataan Pasar Raya Padang

id Terminal, Angkot, Padang

Terminal Angkot Bergantung Penataan Pasar Raya Padang

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Padang, (Antara Sumbar) - Rencana pengoperasian terminal angkutan kota (angkot) di Pasar Raya, Kota Padang, Sumatera Barat bergantung pada penataan pedagang, parkir dan kondisi di lokasi tersebut, kata pejabat setempat.

"Saat ini masih belum bisa dipastikan karena menunggu penuntasan bangunan inpres dan relokasi pedagang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Hendrizal Azhar melalui Sekretaris Dinas Yudi Indra Syani, di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan saat ini angkot yang masuk ke Pasar Raya belum sepenuhnya bisa diarahkan ke terminal yang berada di samping gedung balai kota lama, akibat masih adanya pedagang dan konstruksi bangunan inpres blok III.

Selain terminalnya kata dia, jalur menuju lokasi di Jalan Sandang Pangan juga masih sempit sehingga tidak representatif.

Disamping itu pertimbangan kenyamanan dan keamanan pengunjung Pasar Raya berbelanja juga menjadi faktor belum beroperasinya terminal tersebut.

"Jangan sampai akibat adanya terminal pengunjung terganggu akibat polusi atau premanisme, ini akan dianalisis," ujarnya.

Dia menyebutkan bila nantinya beroperasi tidak akan dibuat satu jalur saja namun beberapa sesuai jurusan angkot.

Misalnya jurusan Timur, Utara dan Selatan sesuai arah trayek, misalnya Ulu Gadut ke Pasar Raya berada pada jurusan Timur, sedangkan Pasar Raya ke Limau Manis jurusan Utara.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesemrawutan lalu lintas sekaligus memudahkan masyarakat.

Untuk sementara, ujarnya pihaknya tetap menata di sekitar Pasar Raya beberapa angkot sesuai jurusannya.

Sementara itu salah satu supir angkot Youri berharap selain menyiapkan terminal yang representatif pemerintah juga bisa menjamin keamanan supir dari premanisme.

Selama ini kata dia permasalahan supir di lapangan adanya gangguan dari oknum tertentu yang berujung pada konflik. (*)