Minggu, 28 Mei 2017 - 3 Ramadhan 1438 H

Kabupaten Solok akan Gelar Festival Empat Danau

Danau Diatas, Kabupaten Solok. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)
Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, akan menggelar festival empat danau dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Solok ke-104 pada 9 April 2017.

Festival empat danau terdiri dari Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diatas dan Dibawah pada digelar dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra di Arosuka, Kamis.

Ia menjelaskan even festival empat danau ini merupakan kegiatan yang akan diikuti oleh semua lapisan masyarakat dan semua organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam festival empat danau akan ada serangkaian acara lomba yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dari 25 - 31 Maret 2017 seperti lomba cipta logo pariwisata, lomba mars Kabupaten Solok, lomba kesenian tradisional nagari, lomba lagu Minang, lomba pembuatan makanan ringan khas Solok, lomba pembuatan souvenir, lomba barista kopi, festival makanan, lomba fotografi, dan ekspedisi offroad.

Agar masyarakat terlibat dalam festival ini, pihaknya mengajak tokoh masyarakat, tokoh nagari untuk menyosialisasikan ke warga Kabupaten Solok agar mereka paling tidak tahu dengan hari lahir kabupatennya.

Tujuan dari festival empat danau yaitu meningkatkan destinasi wisata di Kabupaten Solok, meningkatkan wisatawan, sebagai pelestarian budaya, meningkatkan penanaman modal serta mengajak masyarakat lebih mencintai produk kerajinan Kabupaten Solok.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal mengatakan bahwa HUT Kabupaten Solok seharusnya menjadi hari yang dinantikan dan diikuti oleh seluruh warganya, bukan hanya acara milik pegawai pemerintah.

"Setidaknya masyarakat tahu dengan HUT Kabupaten, walaupun tidak bisa ikut berpartisipasi. Turut merasa senang walau dalam hati," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini camat masing-masing daerah sudah mengajak masyarakatnya untuk memeriahkan even festival ini nantinya, dengan melakukan kreasi sendiri.

"Kami berharap dengan acara festival seperti ini, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan memperkenalkan Kabupaten Solok lebih luas kepada Indonesia," katanya. (*)




Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Padang, (Antara Sumbar) - Setelah dilantik sebagai Bupati Mentawai periode 2017-2022 oleh Gubernur ...
Baca Juga