Pariaman akan Buat Kota Tepi Sungai

id Kota, Tepi, Sungai

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjaga lingkungan di sekitar sungai karena sungai-sungai daerah itu akan dimanfaatkan sebagai Kota Tepi Sungai.

"Kita akan jadikan sungai di Pariman menjadi Waterfront City atau Kota Tepi Sungai," kata Wakil Walikota Pariaman, Genuis Umar di Pariaman, Rabu.

Selain itu, air sungai di daerah itu juga akan diolah oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat agar bisa dikonsumsi masyarakat guna mengurangi penggunaan air sumur bor oleh masyarakat.

"Jadi sungai, muara, dan air di pantai harus sama-sama kita diupayakan bersih dan indah dengan menjaga lingkungan sungai," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkot Pariaman akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat di kota itu agar ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sungai sebab dapat membuat air sungai di daerah itu tercemar.

"Semakin sedikit masyarakat membuang sampah ke sungai maka realisasi rencana tersebut akan semakin cepat," katanya.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai marupakan hal penting karena selain menyukseskan rencana Pemkot maka juga dapat melestarikan alam.

Ia menjelaskan menjaga dan melestarikan alam merupakan hal penting kerena alam merupakan sumber kehidupan agar anak dan cucu nantinya dapat merasakan alam yang masih terjaga.

Manusia membutuhkan alam untuk hidup dan sebaliknya alam juga membutuhkan manusia untuk kelestarianya sehingga keduanya saling membutuhkan satu sama lain, ujar dia.

"Jadi kita harus menjaga alam sungai tersebut agar rencana kita bisa terealisasi dan alam pun terjaga," katanya. (*)