Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

Baznas Targetkan Rp3,66 Miliar Zakat 2017

Painan, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, menargetkan sepanjang 2017 terkumpul zakat sebanyak Rp3,66 miliar.

Kepala Baznas Pesisir Selatan, Yuspardi di Painan, Rabu, mengatakan uang miliaran rupiah tersebut berasal dari zakat aparatur sipil negara (ASN) di kabupaten itu.

"Saat ini kami masih mengelola zakat dari ASN, kedepan kami berupaya mengelola zakat dari masyarakat umum," tambahnya.

Sementara zakat milik perusahaan swasta dan BUMN di daerah itu dikelola langsung oleh instansi vertikalnya masing-masing.

Menurutnya, hingga Maret 2017 telah terkumpul zakat sebanyak Rp270 juta.

Untuk menyalurkan zakat tersebut pihaknya membuka kesempatan bagi pelajar/mahasiswa mendapatkan beasiswa dan juga kepada pedagang yang membutuhkan modal usaha dengan mengajukan proposal bantuan dengan tenggat hingga 24 Maret 2017.

"Karena proposal bantuan yang kami terima sudah banyak maka pengajuan beasiswa dan modal usaha dibatasi," katanya.

Ia merinci proposal beasiswa telah diterima sebanyak 550 proposal dan modal usaha 361 proposal sementara yang diakomodir khusus beasiswa hanya 407 dan modal usaha sebanyak 87 proposal.

"Karena keterbatasan itu maka kami membuat kebijakan untuk membatasi waktu pengajuan bantuan," katanya.

Salah seorang mahasiswa asal Kecamatan Lengayang yang mengajukan beasiswa, Shinta (21) berharap proposal yang diajukan diterima sehingga bisa meringankan biaya kuliahnya.

Ia juga berharap jumlah penerima beasiswa ditambah untuk tahun berikutnya sehingga bisa membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga