320 Pedagang Pasar Banda Buek Direlokasi

id Relokasi, Pasar, Bandar Buek

320 Pedagang Pasar Banda Buek Direlokasi

Sejumlah petugas membantu pedagang dalam menertibkan lapak mereka di kawasan Pasar Banda Buek Padang (22/3). Penertiban ini dilakukan dalam rangka relokasi pedagang ke tempat baru yang telah disediakan oleh pemerintah. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 320 pedagang di kawasan Pasar Banda Buek, Kota Padang, Sumatera Barat direlokasi ke bangunan yang telah disediakan oleh pemerintah guna mengurangi penggunaan fasilitas umum.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal di Padang, Rabu, mengatakan penertiban ini dilatarbelakangi oleh penggunaan fasilitas umum sebagai tempat berdagang sehingga menyebabkan kemacetan.

"Selama ini, sepanjang pinggir jalan dan trotoar sering digunakan sebagai tempat berdagang dan lahan parkir sehingga sering menyebabkan kemacetan di kawasan ini," ujarnya.

Ia mengatakan sejak Oktober 2016, sudah disepakati bersama untuk pemindahan lokasi berdagang yang semula di pinggir jalan ke tempat yang lebih representatif.

Ia menjelaskan relokasi baru bisa dilaksanakan sekarang karena beberapa bulan yang lalu infrastruktur dan fasilitas penunjang yang ada di bangunan baru masih belum layak untuk ditempati.

"Semenjak ada kesepakatan untuk pindah ke tempat yang baru maka kami berupaya untuk membenahi segala infrastruktur yang ada, seperti perbaikan atap yang bocor, toilet serta tempat ibadah," ujarnya.

Selanjutnya ia menambahkan tempat yang baru saat ini sudah dinilai cukup untuk aktifitas perdagangan, karena selain infrastruktur penunjang pihaknya juga sudah menyiapkan sebanyak 343 tempat untuk pedagang.

"Untuk tempat pun kami telah menyediakan sebanyak 343 tempat untuk 320 orang pedagang yang ada di pasar ini," katanya.

Sementara itu salah seorang pedagang, Ibrahim (47) mengharapkan dengan adanya relokasi ini bisa meningkatkan aktivitas jual beli sehari-hari.

"Kami mengharapkan setelah relokasi kami bisa tetap menempati lokasi ini dan tidak perlu lagi turun ke lokasi parkir," katanya. (*)