Bupati Ajak Generasi Muda Aktif Ikuti Kegiatan Masjid

id remaja masjid, baupati, tanah datar

Bupati Ajak Generasi Muda Aktif Ikuti Kegiatan Masjid

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengalungkan tanda peserta sosialisasi remaja masjid didampingi Kabag Kesra Afrizon di Aula Islamic Sentre Pagaruyung, Rabu (22/3). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengajak generasi muda daerah itu untuk aktif melakukan kegiatan di masjid.

"Dengan menghidupkan aktifitas remaja masjid dapat membentengi diri generasi muda dari perbuatan negatif seperti penyalahgunakan Narkoba, perbuatan asusila, dan penyakit masyarakat lainnya," katanya saat acara sosialisasi kegiatan remaja masjid di Pagaruyung, Rabu.

Ia menyebutkan kegiatan remaja masjid sangat banyak manfaatnya untuk memupuk mental spritual para generasi muda dalam mengembangkan ajaran agama Islam.

"Kegiatan remaja masjid ini menjadi salah satu mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang madani, sejahtera dan berbudaya, melalui peningkatan kegiatan keagamaan.

Disamping berkegiatan di masjid, Ia juga mengimbau para remaja yang akan menjadi pemimpin bangsa ke depan untuk melakukan shalat berjamaah di masjid.

"Hal ini untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta mengharapkan ridha Allah SWT terhadap seluruh aktifitas yang kita lakukan," katanya.

Ia meminta generasi muda dapat melakukan inovasi-inovasi kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan seperti Shalat Subuh berjamaah, bimbingan kegiatan remaja masjid, dan inovasi lainnya yang berdampak pada peningkatan iman dan taqwa masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Tanah Datar, Afrizon menyampaikan sosialisasi kegiatan ini sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda terhadap masjid.

"Kegiatan remaja masjid merupakan salah satu pemecahan masalah perilaku negatif yang banyak terjadi di kalangan generasi muda saat ini," katanya.

Ia menyebutkan Tanah Datar terkenal dengan filosofi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah, maka kegiatan ini diharapkan mampu menghidupkan kembali kecintaan generasi muda untuk kembali ke masjid.

"Pada masa lampau pembinaan generasi muda dilakukan di masjid yang telah melahirkan tokoh sukses dengan dengan bekal kemandirian dan agama yang kuat," katanya.

Kegiatan remaja masjid ini diikuti sebanyak 225 orang pemuda perwakilan masing-masing nagari dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. (*)