Saber Pungli Bentuk Kelompok untuk Perkuat Sosialisasi

id Saber, Pungli, Pesisir Selatan

Saber Pungli Bentuk Kelompok untuk Perkuat Sosialisasi

Ilustrasi - pungutan liar.

Painan, (Antara Sumbar) - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan membentuk dua kelompok untuk memperkuat sosialisasi masalah pungutan liar.

Sekretaris Saber Pungli Pesisir Selatan Dailipal di Painan, Rabu, mengatakan kelompok pertama akan menyasar lembaga pelayanan publik di tingkat kabupaten dan kelompok kedua di tingkat kecamatan.

"Sesuai rencana sosialisasi tersebut kami laksanakan pada akhir Maret 2017 atau awal April 2017," kata dia.

Ia menyebutkan upaya sosialisasi bertujuan agar lembaga pelayanan publik mengetahui apa-apa saja yang dikategorikan pungli dan yang mengarah ke tindakan pungli.

Menurutnya, hingga saat ini hal tersebut masih abu-abu oleh beberapa pejabat di daerah itu sehingga sosialisasi sangatlah dibutuhkan.

"Jika sosialisasi tidak dilaksanakan maka situasi akan semakin sulit disatu sisi lembaga pelayanan publik akan terus berbuat salah dengan ketidaktahuannya dan sebaliknya terdapat beberapa kegiatan yang bukan pungli diberhentikan karena desakan beberapa pihak yang menilai itu pungli," jelasnya.

Selain memperkuat sosialisasi dengan bertatap muka pihaknya juga akan melakukan sosialisasi melalui baliho, stiker dan lainnya.

Ia menambahkan setelah posko pengaduan pungli dibuka laporan yang paling banyak diterima ialah terkait pungutan di sekolah.

Namun, kata dia, laporan tersebut belum tertulis dan hanya sebatas berkonsultasi apakah pungutan tersebut pungli atau tidak.

Wakil Kepala Polres Pesisir Selatan, Kompol Al Jufri mengimbau masyarakat aktif melapor jika mengetahui ataupun menjadi korban pungutan liar.

"Berapapun nominalnya jika itu pungutan liar harus dilaporkan dan kami akan menindaklanjutinya," ujar dia. (*)