TP-PKK Gandeng Penderma Santuni Penyandang Disabilitas

id Penyandang disabilitas

TP-PKK Gandeng Penderma Santuni Penyandang Disabilitas

Ilustrasi - Penyandang disabilitas. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Lisda Hendrajoni menggandeng penderma untuk menyantuni seluruh penyandang disabilitas di daerah itu.

Ia di Painan, Kamis, mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk mendata jumlah disabilitas dan juga kebutuhannya.

"Khusus penderma kami sudah menjalin kerja sama dengan Asuransi Jiwa Sequis Life dan respon mereka cukup baik, kemarin (21/3) mereka juga telah memasangkan kaki palsu pada 26 penyandang disabilitas secara cuma-cuma," katanya.

Selain Asuransi Jiwa Sequis Life pihaknya juga menggandeng penderma lainnya sehingga berbagai kebutuhan disabilitas bisa terpenuhi.

Ia menyebutkan, tim yang diturunkan terdiri dari ibu-ibu PKK mulai dari kabupaten hingga nagari serta pihak terkait lainnya.

"Dengan bergerak secara menyeluruh kami yakin tidak akan ada disabilitas yang terlewatkan," katanya.

Pada peringatan ulang tahun kabupaten 15 April 2017 pihaknya menargetkan 100 disabilitas bisa mendapatkan kaki palsu dari Asuransi Jiwa Sequis Life melalui Yayasan Peduli Tuna Daksa.

Kepala Administrasi Yayasan Peduli Tuna Daksa, Syaid Kan, mengatakan kerjasama dengan kabupaten/kota di Indonesia merupakan wujud kepedulian Asuransi Jiwa Sequis Life terhadap penyandang disabilitas.

"Per tahunnya kami menargetkan 1.000 kaki palsu tersalurkan, khusus di Kabupaten Pesisir Selatan tahun ini merupakan yang pertama dan mudah-mudahan bisa terus terjalin," kata dia.

Menurutnya, selain kaki palsu berbahan pipa, Yayasan Peduli Tuna Daksa juga menyediakan alat bantu berjalan bagi penderita polio yang bisa didesain sesuai dengan kebutuhan penderitanya. (*)