Minggu, 23 April 2017 - 27 Rajab 1438 H

Menpan-RB Imbau Kepala Daerah Tidak Banyak Seremonial

Menpan Asman Abnur.
Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengimbau agar kepala daerah baik itu gubernur, bupati atau wali kota untuk tidak banyak melakukan kegiatan seremonial karena dinilai menyia-nyiakan waktu.

"Jangan hanya membuang-buang waktu dengan berbagai acara seremonial, manfaatkanlah waktu semasa menjabat ini untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk negara," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur di Pekanbaru, Selasa.

Ia berharap kepala daerah lebih memprioritasan kegiatan-kegiatan produktif dan aktif dalam melakukan berbagai pengembangan dan pembangunan di daerah yang dipimpin.

"Kemudian peningkatan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus ditingkatkan melalui revolusi mental dan mengubah pola pikir," sebutnya.

Ia menyebutkan bahwa revolusi mental harus dilakukan demi kemajuan bangsa dan negara kedepannya.

"Saat ini sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) banyak yang takut tidak hadir di kantor karena ada absen, tetapi kedepannya saya ingin tidak ada lagi ASN yang seperti itu, melainkan takut tidak ke kantor karena pekerjaannya akan menumpuk jika ia tidak hadir," paparnya.

Ia menegaskan bahwa kedepan ASN harus lebih berkualitas dan tidak boleh kalah dari pihak swasta.

"Ketentuannya, ASN yang mengatur swasta, namun, jika ASN tidak berkualitas maka kemungkinan ASN akan diatur oleh swasta itu tentu ada, dan hal itu sangat tidak benar," ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, revolusi mental ini harus benar-benar di terapkan dan dilaksanakan karena kedepan yang menentukan posisi ASN itu adalah tingkat kemampuannya.

"Tidak akan berlaku lagi posisi-posisi atas rekomendasi pihak tertentu," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Hendra Agusta
          Pihak Palm Oil Agribusiness Stategic Policy Institute (PASPI) selaku lembaga kajian agrobisnis ...
Baca Juga