Siswa SLTP Padang Laksanakan Simulasi UNBK Tahap Akhir

id UNBK

Siswa SLTP Padang Laksanakan Simulasi UNBK Tahap Akhir

Seorang siswa mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kota Padang, Sumatera Barat melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahap akhir pada 20 hingga 21 Maret 2017.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson di Padang, Selasa, mengatakan simulasi UNBK tersebut merupakan yang ketiga kalinya dan merupakan simulasi terakhir sebelum pelaksanakan UNBK untuk tingkat SMP pada Mei mendatang.

Ia menyebutkan, siswa yang mengikuti simulasi tersebut sebanyak 2.400 orang yang terdiri dari 15 sekolah peserta simulasi dengan empat sekolah penyelenggara secara mandiri dan 11 sekolah yang bergabung.

"Sekolah penyelenggara itu adalah SMPN 1 Padang, SMPN 8 Padang, SMP Islam Al-Azhar, dan SMP IT Adzkia," ujar dia.

Kemudian sekolah yang bergabung adalah SMPN 2 Padang, SMPN 7 Padang, SMPN 11 Padang, SMPN 24 Padang, SMPN 25 Padang, SMPN 30 Padang, SMPN 31 Padang, SMPN 33 Padang, SMPN 36 Padang, SMP Adabiah, dan SMP Pembangunan Lab School Padang.

Ia menjelaskan simulasi bertujuan untuk melihat kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK yang sebenarnya, jika masih terdapat kendala dalam simulasi maka akan dilaksanakan evaluasi, sehingga ketika hari pelaksanaan kendala tersebut dapat diminimalisir.

Dalam dua kali pelaksanaan simulasi sebelumnya, kata dia, tidak terdapat kendala yang berarti, siswa dengan maksimal mengikuti ujian simulasi tersebut.

Sementara itu Kepala SMPN 31 Padang, Mardawati mengatakan berbagai persiapan dilakukan agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar terutama menyiapkan siswa.

"Siswa rutin dilatih mengerjakan kisi-kisi soal serta menyiapkan mental siswa dalam menghadapi UNBK," kata dia.

SMPN 31 Padang merupakan salah satu sekolah di daerah itu yang akan mengikuti UNBK dengan bergabung ke SMKN 2 Padang, dengan jumlah siswa dari sekolah tersebut yang mengikuti ujian sebanyak 260 siswa.

Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat SLTP, gelombang pertama pada 2, 3, 4, dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Sedangkan, untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017. (*)