Sabtu, 29 April 2017 - 3 Sya'ban 1438 H

Dinkes Padang Panjang Periksa PTM ASN

Salah seorang ASN di Padang Panjang melakukan pemeriksaan gula dara yang dilaksanakan oleh Dinkes setempat, SElasa (21/3) Pemeriksaan tersebut dalam rangka antisipasi dini indikasi penyakit tidak menular (PTM). (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni Kusuma/17)
Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memeriksa kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu sebagai langkah deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Kegiatan ini dalam rangka mendeteksi dini penyakit, agar bisa dicegah sebelum lebih parah," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Padang Panjang, Yevi Maslinda didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Fita Gusta di Padang Panjang, Selasa.

Ia mengatakan pemeriksaan PTM dan lainnya seringkali diabaikan oleh masyarakat, karena kebiasaan hidup mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

"Dengan adanya pemeriksaan ini diharapkan ASN bisa lebih mengutamakan kesehatan, sehingga terhindar dari berbagai penyakit tidak menular," ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di kompleks Balai Kota Padang Panjang itu, berupa gula darah, kolesterol, hipertensi, obesitas, lemak tubuh dan lainnya.

Ia mengatakan penyakit tidak menular tersebut sering terjangkit karena aktivitas fisik kurang, peminum alkohol, merokok, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, sering mengonsumsi makanan instan dan lainnya.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi lanjutnya, merupakan salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian.

Untuk mengatasinya lanjut dia, kurangi konsumsi garam dalam makanan. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kurangi minum minuman beralkohol, serta ubah pola makan tidak sehat ke yang sehat dan perbanyak makan buahan dan sayuran.

Salah seorang ASN Padang Panjang, Rina menyambut baik apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan tersebut, sehingga bisa menghindari resiko penyakit tidak menular diidap oleh ASN.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mencegah kebiasaan buruk ASN dan masyarakat dalam mengonsumsi makanan yang menyebabkan penyakit tidak menular," katanya. (*)



Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga