Sabtu, 29 April 2017 - 3 Sya'ban 1438 H

Anies Siapkan Program Kunjungan ke Museum

Anies Baswedan. (Antara)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan menyiapkan program untuk kunjungan ke museum-museum di Jakarta bila terpilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Jadi nanti kami rencanakan program untuk ke museum-museum. Disiapkan kendaraannya agar warga bisa merasakan manfaat dari museum yang ada di Jakarta," kata Anies, seusai bertemu pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng Salahuddin Wahid, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (20/3) malam.

Anies mengatakan Jakarta memiliki 142 museum. Salah satu permasalahan di Jakarta selama ini adalah kepemimpinan yang ada tidak pernah mengarahkan masyarakat untuk sadar tentang museum, kebudayaan, dan sejarah.

"Waktu berlibur pada Sabtu dan Minggu selain digunakan untuk berjalan-jalan di mal dan taman, bisa juga dengan mengunjungi museum sebagai proses liburan yang mendidik," ujarnya lagi.

Anies menyampaikan rencana program itu menanggapi pernyataan dari Gus Sholah, panggilan akrab Salahuddin Wahid, tentang rencana pembangunan Museum Islam di Universitas Hasyim Asy'ari, di Tebuireng, Jombang.

Museum itu akan berisi informasi tentang keberadaan Islam di Indonesia. Islam di Nusantara disebarkan dengan cara yang damai menggunakan pendekatan budaya tanpa kekerasan.

"Dan itu berhasil diikuti dengan keterlibatan para ulama dalam mendirikan negara Indonesia. Ini untuk menegaskan bahwa Indonesia tidak betul bertentangan dengan Islam. Indonesia didirikan oleh seluruh unsur bangsa, termasuk ulama," katanya pula.

Putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga