Kamis, 30 Maret 2017 - 3 Rajab 1438 H

1.000 Pelajar Tanah Datar Ikuti Sikat Gigi Massal

Para dokter gigi Tanah Datar memperagakan cara menyikat gigi yang benar di hadapan para siswa SD pada acara Sikat Gigi 1.000 siswa SD Tanah Datar di Batusangkar, Senin (20/3). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.000 orang lebih pelajar Sekolah Dasar se-Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengikuti kegiatan sikat gigi massal untuk memeriahkan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se-Dunia.

"Sumber penyakit banyak berasal dari mulut dan gigi, untuk itu anak-anak sekolah dasar harus rajin gosok gigi dan menjaga kebersihan mulut," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pada acara Sikat Gigi 1.000 Siswa SD daerah itu di Batusangkar, Senin.

Ia mengajak murid SD dan masyarakat lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut dengan cara rutin memeriksakannya ke dokter.

"Jangan lupa sikat gigi sebelum makan dan lakukan secara benar, seperti yang sudah dilakukan hari ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Tanah Datar, Sherly Gusvi Enggraini mengatakan kegiatan yang digelar tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya karena diikuti lebih dari 1.000 pelajar SD.

"Semoga acara ini kembali bisa meraih rekor Muri seperti pada tahun sebelunya," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan seperti ini serentak dilakukan di 100 kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Selain sikat gigi, kita juga melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan dan doorprize bagi siswa yang beruntung," katanya.

Ketua Pelaksana Desi Ferawati menjelaskan kegiatan yang digelar ini merupakan agenda tahunan PDGI Tanah Datar untuk mengajak para pelajar membiasakan kegiatan yang baik.

Ia menambahkan ada empat kebiasaan yang baik untuk dilakukan yakni mencuci tangan pakai sabun, sikat gigi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, minum air bersih bebas kuman, dan makan makanan bergizi.

"Semoga kebiasaan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak, terutama dalam membiasakan diri menyikat gigi dimulai sejak dini," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi dan Siri Antoni
          Simancuang merupakan perkampungan penduduk yang berada di lajur-lajur perbukitan rendah dan ...
Baca Juga