Senin, 29 Mei 2017 - 4 Ramadhan 1438 H

10 Paket Proyek Jalan-Jembatan Agam Telah Dimulai

Ilustrasi (ANTARA TV SUMBAR)
Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pekerjaan 10 paket proyek jalan dan jembatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat sudah dimulai setelah pemenang lelang diumumkan, kata pejabat Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang setempat.

"Pekerjaan ini telah dimulai pada awal Maret dan selesai pada Oktober 2017. Lama pekerjaan ini enam sampai tujuh bulan dan ini sesuai dengan kontrak kerja," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang Agam, Hermon Triyoga di Lubuk Basung, Senin.

Ia menambahkan 10 paket pekerjaan itu terdiri atas jalan sebanyak tujuh paket dan jembatan tiga paket yang tersebar di 16 kecamatan se-Agam.

Semua paket itu merupakan usulan saat Musrembang kecamatan, rencana kerja Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang Agam pada 2017.

"Kami akan melakukan pengawasan pekerjaan ini setiap saat, agar mutu dari pekerjaan ini sangat baik," katanya.

Ia menerangkan 10 paket pekerjaan itu yakni, paket satu sebanyak 15 ruas dengan pagu dana sebesar Rp19,5 miliar yang tersebar di Kecamatan Baso, Ampek Angkek, Canduang, Banuhampu dan Tilatang Kamang. Paket dua sebanyak 15 ruas dengan dana Rp18,5 miliar tersebar di Kecamatan Sungai Pua, Banuhampu, Kamang Magek, Ampek Koto dan Palupuh.

Sedangkan paket delapan sebanyak 12 ruas dengan dana Rp15,1 milar tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari, Tanjung Raya, Matur dan Palembayan. Paket 14 sebanyak 13 ruas dengan dana Rp14,4 miliar tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari dan Tanjung Mutiara.

Lalu, paket 20 sebanyak satu ruas tersebar di Kecamatan Banuhampu dengan dana Rp1,1 miliar, paket pembangunan infrastruktur wilayah strategis Kota Lubuk Basung dengan dana Rp13,6 miliar.

Pembangunan jalan di Kecamatan Matur dengan dana Rp16,4 miliar dan pembangunan jalan di Kecamatan Tanjung Raya sebesar Rp11,7 miliar.

Selain itu, pembangunan satu unit jembatan di Banuhampu sebesar Rp3,4 miliar, pembangunan satu unit jembatan di Kecamatan Baso sebesar Rp2,9 miliar, pembangunan satu unit jembatan di Kecamatan Palupuh sebesar Rp900 juta.

"Pada tahun ini ada 11 paket pekerjaan jalan dan jembatan. Namun satu unit jembatan di Kecamatan Lubuk Basung dengan dana Rp3,2 juta masih dalam proses lelang dan dalam waktu dekat akan diumumkan pemenangnya," katanya.

Anggota DPRD Agam, Yuspidar Pihaknya berharap pekerjaan ini berjalan dengan baik sesuai kontrak kerja, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Saya juga mengimbau masyarakat mendukung pekerjaan jalan dan jembatan sehingga selesai dengan waktu yang telah ditentukan," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) - Hasil survei yang diungkap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ruang Anak Dunia (Ruandu) Foundation cukup ...
Baca Juga