Minggu, 23 Juli 2017 - 29 Syawwal 1438 H

Pemkot Diminta Mendorong Gerakan Hidup Sehat

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) diminta mendorong gerakan hidup sehat yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Surya Jufri di Padang, Senin, mengatakan dorongan itu lebih ditekankan kepada upaya promotif dan preventif agar masyarakat memahami bahwa pola hidup sehat harus diterapkan dalam rangka pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Perilaku hidup sehat yang harus diterapkan antara lain menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengonsumsi makanan yang bergizi seperti makan ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ia menjelaskan ajakan atau hanya sekedar penyuluhan akan lebih berdampak positif terhadap masyarakat, jika diiringi dengan adanya aksi yang dilakukan secara bersama.

"Misalnya agar terhindar dari DBD, dapat melakukan gotong royong secara rutin di lingkungan sekitar rumah," katanya.

Sementara itu pengamat bidang lingkungan hidup dari Universitas Andalas Padang, Dr Ardinis Arbain mengatakan pola mengajarkan peduli pada lingkungan seperti membuang sampah harus dilakukan sejak dini.

Ia menerangkan memungut sampah dapat dilakukan sejak anak balita atau TK agar menjadi kebiasaan.

"Dengan begitu akan lebih mudah mengarahkan saat dewasa dengan program tertentu," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan pola konsumsi sayuran dan buah-buahan masyarakat di daerah itu masih rendah.

"Masyarakat dengan etnik Minangkabau masih senang dengan makanan yang mengandung kolesterol seperti usus sapi, padahal makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam rangka meningkatkan dan memotivasi masyarakat untuk lebih meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan, pihaknya dengan rutin melakukan sosialisasi.

Pola konsumsi sayuran dan buah-buahan, katanya harus diterapkan demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, akibat kekurangan serat dan vitamin. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
 Padang,  (Antara Sumbar) - Beberapa tahun terakhir publik di Tanah Air  kerap disuguhipemberitaan ...
Baca Juga