Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Dinkes Padang Panjang Bentengi Remaja dari HIV/AIDS

Ilustrasi. (Antara)
Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) terus memberikan wawasan mengenai penyebab, penularan, dan antisipasi terhadap penyakit HIV/AIDS terhadap kalangan remaja yang ada di daerah itu.

"Remaja merupakan aset bangsa yang harus dipelihara setiap saat," kata Sekretaris Dinkes Padang Panjang, Yevi Maslinda di Padang Panjang, Senin.

Ia menerangkan penyebaran virus HIV/AIDS harus dihindari sejak dini, mengingat penyakit yang mematikan tersebut bisa berakibat fatal terhadap manusia.

Proses penularan penyakit HIV/AIDS, ujarnya penyebab utamanya adalah melalui hubungan seks bebas dan melalui jarum suntik narkoba yang terpakai secara bersamaan atau bergantian oleh dua orang yang berlainan atau lebih.

Untuk membebaskan para ramaja Padang Panjang dari penyakit HIV/AIDS tersebut, berbagai penyuluhuan dilakukan oleh Pemkot setempat.

"Kami selalu melakukan penyuluhan ke sekolah yang ada di Padang Panjang ini secara berkala," ujarnya.

Tidak itu saja, Dinkes juga tingkatkan pemahaman dan kesadaran remaja dengan masing-masing membina anggota pramuka dan kemudian digabung dalam Saka Bakti Husada (SBH).

Kader SBH ini diharapkan dapat menyampaikan mengenai penerapan prilaku kesehatan dan rescue di sekolah atau lingkungan masing-masing.

"Anggota SBH tersebut rutin mendapatkan pembengkalan dan pelatihan setiap minggunya di beberapa tempat," terangnya. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga