Masyarakat Diimbau Tidak Bersepatu Roda di Jalan

id sepatu roda, jalanan, pariaman

Masyarakat Diimbau Tidak Bersepatu Roda di Jalan

Ilustrasi sepatu roda.

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman mengimbau warga kota itu tidak melakukan aktivitas olahraga sepatu roda di jalan raya karena membahayakan keselamatan.

"Saat ini anak-anak di Pariaman marak bersepatu roda di jalan raya tanpa memikirkan keselamatan," kata Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu Fitri Dewi Utami di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pada umumnya di Pariaman saat ini fenomena tersebut dilakukan oleh anak-anak kisaran umur tujuh hingga 15 tahun tanpa ada bimbingangan orang tua.

"Bahkan mereka juga tidak menggunakan alat kelengkapan pengaman seperti helm dan siku-siku," ujar dia.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta para orang tua agar lebih cermat dan bijaksana dalam memberikan permainan serta mengawasi anaknya agar nantinya tidak menimbulkan kecelakaan yang dapat berakibat fatal.

Selain itu pihak kepolisian setempat juga menyarankan agar orang tua mengalihkan aktivitas olahraga sepatu roda ke tempat yang telah disediakan pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah sudah membuat area atau jalur bermain sepatu roda seperti di gedung olahraga serta di sepanjang Pantai Kata dan Pantai Cermin," ujarnya.

Ia menyebutkan pihak kepolisian setempat juga akan melakukan monitoring dan patroli untuk mengawasi anak-anak yang bersepatu roda di jalan raya.

"Polres Pariaman sudah memiliki personel khusus yang menggunakan sepatu roda di tempat objek wisata dan juga akan memantau anak-anak yang bermain di jalan raya tersebut," ujarnya.

Meskipun hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait insiden kecelakaan akibat kelalaian bersepatu roda di jalan raya namun kepolisian daerah itu akan berupaya agar tidak adak kecelakaan melalui sosialisasi kepada masyarakat. (*)