Minggu, 22 Oktober 2017 - 2 Safar 1439 H

Komodo Dipromosikan di Norwegia

Komodo Ist (Antara)
London, (Antara Sumbar) - Kedutaan Indonesia di Norwegia mengelar promosi Komodo yang bertajuk " A Journey to Komodo," dalam acara yang dibalut Gathering Coffee Morning di Wisma Duta Indonesia, Oslo, Norwegia.

Pada acara uty tampil seorang travel writer, underwater photographer buku A Journey to Komodo, Per Hammerstad.

Istri Dubes RI di Oslo, Woro Yuwono, menjadi host pada gathering yang dihadiri sejumlah istri Dubes asing di Oslo yang tergabung dalam Diplomatic Spouses Association of Norway (DSAN), kata Sekretaris Dua Pensoabud KBRI Oslo, Dilla Trianti kepada Antara London, Sabtu.

Acara coffee morning merupakan kegiatan bulanan DSAN bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya masing-masing negara yang memiliki kedutaan besar di Norwegia. Dan, sekali ini menampilkan Per Hammerstad, yang dalam presentasinya dilengkapi dengan pemutaran video oleh salah satu friends of Indonesia di Norwegia, Per Hammerstad, seorang travel writer, underwater photographer dan juga salah satu kontributor buku A Journey to Komodo.

Dalam presentasinya, Per menceritakan pengalamannya mengunjungi Pulau Komodo dan melakukan penyelaman di sekitar Pulau Komodo. Per merupakan penyelam profesional dengan pengalaman menyelam sebanyak lebih dari 2000 kali sejak 1980.

Ia juga menyampaikan kampanye ¿Reef Awareness¿ yang dilakukannya semenjak mengunjungi Pulau Komodo, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dari publik luas akan keindahan dan ancaman bagi habitat alam daerah Pulau Komodo.
Dikatakannya, setiap tempat penyelaman memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Pulau Komodo merupakan tempat penyelaman terindah dan paling berkesan, ujar Per yang berencana bersama istri akan meng-explore Indonesia dengan kapal pribadi selama kurun waktu 2-3 tahun dan menuangkan pengalamannya secara tertulis.

Tamu undangan yang hadir pun memberikan apresiasi yang positif dan terkesan melihat keindahan alam bawah laut Indonesia, yang kaya akan flora dan fauna serta keunikan Pulau Komodo.

Istri Dubes RI di Oslo, Woro Yuwono, menyampaikan apresiasi kepada Per Hammerstad yang bersedia menjadi pembicara dan memperkenalkan Pulau Komodo.

"Kita bisa memperlihatkan betapa indahnya alam Indonesia dan masyarakat internasional jatuh cinta dan mempunyai keterikatan emosional dengannya,¿ ujarnya.

Para undangan disuguhi berbagai penganan Indonesia yang disiapkan juru masak Wisma Duta dan anggota DWP KBRI Oslo, berupa risoles, springroll, bihun goreng dan panganan lainnya.

Dalam kesempatan terpisah, Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, menyampaikan, gathering merupakan salah satu media yang digunakan KBRI Oslo dalam mempromosikan budaya Indonesia di Norwegia. Diharapkan semakin banyak 'friends of Indonesia' yang aktif melakukan diplomasi budaya Indonesia tidak hanya di Norwegia dan Islandia, namun juga di negara-negara lainnya. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga