Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

Bupati: Pembebasan Lahan Bendungan Lubuk Buaya Dipercepat

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. (Antara)
Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meminta Wali Nagari (Kepala Desa Adat) Rantau Simalenang, Linggo Sari Baganti menuntaskan pembebasan lahan di sekitar Bendungan Lubuk Buaya agar ribuan hektare sawah bisa teraliri air.

Ia ketika mengunjungi lokasi, Jumat, mengatakan dengan bebasnya lahan tersebut lebih kurang 12 ribu hektare area sawah bisa dimanfaatkan tanpa harus menunggu musim hujan datang.

"Wali nagari tugasnya mendata warga yang memiliki tanah disepanjang saluran primer dan sekunder, selanjutnya dibuat surat pernyataan siap menerima ganti rugi dan pemerintah akan menyiapkan anggaran," katanya lagi.

Menurut Hendrajoni, jika langkah tersebut tidak dilaksanakan maka anggaran pembangunan Bendungan Lubuk Buaya akan sia-sia.

Agar program tersebut berjalan lancar pada kesempatan itu ia juga mengajak beberapa tokoh masyarakat dilokasi ikut mendukung pembebasan lahan.

"Kami pemerintah tidak akan efektif jika bergerak sendiri, kami butuh sokongan dari masyarakat luas," ujar Hendrajoni.

Wali Nagari Rantau Simalenang, Ramalanardi mengatakan akan maksimal mengupayakan pembebasan lahan itu.

Sebelumnya ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan beberapa warga dan tokoh masyarakat dalam upaya mempercepat proses pembebasan lahan.

"Setidaknya terdapat lahan sepanjang empat kilometer yang akan dibebaskan guna membuat saluran primer dan sekunder," kata Ramalanardi. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga