PSSI Isyaratkan Klub Punya Cadangan Pemain U-23

id PSSI, pemain, U-23

Jakarta, (Antara Sumbar) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengisyaratkan semua klub peserta Liga 1 harus memiliki cadangan pemain U-23 di luar tim agar mereka bisa langsung mengganti posisi pesepak bola U-23 yang dipanggil masuk timnas.

Sebab, seperti yang disampaikan Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi di Jakarta, Kamis, PSSI ingin agar setiap tim masih berada di jalur aturan Liga 1 mengenai pemain U-23, yaitu mengontrak minimal lima pesepak bola U-23 dan memainkan minimal tiga di antaranya dalam pertandingan, walau ada beberapa pemain yang absen karena harus pemusatan latihan bersama timnas.

"Jadi kalau ada pemain U-23 dipanggil timnas, klub harus langsung mencari penggantinya," ujar Edy.

Salah satu klub yang beberapa pemain U-23nya dipanggil tim nasional adalah Arema FC. Di skuad timnas asuhan pelatih Luis Milla, ada tiga pemain Arema FC yaitu Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi dan Nasir.

Jika rencana timnas melakukan TC selama beberapa waktu, diantaranya di Eropa, selama periode Maret sampai April, Arema bisa kehilangan tiga pilarnya itu ketika Liga 1 mulai bergulir.

"Karena itulah kami mau mencari pemain pengganti. Nanti selama di timnas, gaji mereka dibayar oleh PSSI, sementara kontrak di klub tidak berubah," kata Manajer Arema FC, Rudi Widodo.

PSSI memang menerapkan beberapa aturan yang belum pernah diterapkan di liga teratas Indonesia sebelumnya, di Liga 1 tahun 2017.

Regulasi tersebut yaitu setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Namun, klub bisa memiliki empat pemain asing kalau bisa mendatangkan pesepak bola ternama atau disebut "marquee player".

Syarat marquee player yang ditetapkan PSSI adalah umur harus di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010 dan 2014) dan bebas dari negara mana saja.

Salah satu marquee player yang sudah mengonfirmasi kepastian bermain di Liga 1 adalah Michael Essien, pesepak bola asal Ghana dan pernah bermain untuk Real Madrid, Chelsea dan AC Milan, yang telah dikontrak Persib Bandung.

Kemudian, setiap klub diharuskan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain dengan umur di bawah 23 tahun (U-23) dan wajib memainkan paling sedikit tiga orang pada setiap laga dengan total durasi sedikit-dikitnya 45 menit. (*)