Peternak Sapi Perah Butuh Mesin UHT

id sapi

Peternak Sapi Perah Butuh Mesin UHT

Sapi perah Padang Panjang. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Peternak sapi perah di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) membutuhkan mesin Ultra High Temperature (UHT) untuk memperpanjang umur susu yang sudah diperah.

"Mesin UHT sangat banyak manfaatnya bagi peternak, karena akan bisa memperpanjang umur susu sapi murni," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Ade Nafrita Anas di Padang Panjang, Kamis.

Ia mengatakan mesin UHT bisa memperpanjang umur susu hingga tiga bulan, sehingga peternak sapi perah tidak merasa cemas jika susu itu belum terjual sampai beberapa minggu setelah diperah.

Jika tidak memiliki mesin UHT, katanya, umur susu yang sudah diperah dari sapi hanya bertahan beberapa jam.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ujarnya, saat ini peternak memakai sistem pasteurisasi secara tradisional dan hal itupun hanya bertahan sekitar satu minggu.

"Kalau susu tidak terjual sampai satu minggu itu, maka kerugian akan melanda peternak," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah pusat bisa memperhatikan kebutuhan peternak sapi perah di Padang Panjang.

"Kami akan mengusulkan bantuan mesin UHT itu ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa terealisasi," katanya.

Seorang peternak sapi perah di Padang Panjang, Mukhlizar, mengharapkan mesin UHT sehingga umur susu bisa lebih panjang untuk dikonsumsi masyarakat.

"Terkadang untuk memasarkan ke luar Sumbar sedikit mengalami kendala, karena umur susu itu cukup singkat, maka dengan adanya mesin UHT itu mudah-mudahan bisa ekspansi peluang pasar," katanya. (*)