Senin, 24 Juli 2017 - 30 Syawwal 1438 H

Pemkab Solok Berangkatkan 151 Calon Haji

(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama/16)
Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, akan memberangkatkan 151 calon haji untuk pemberangkatan tahun 2017.

"Kuota calon haji Kabupaten Solok ketika masih 80 persen akibat pengurangan berjumlah 131 orang, ditambah dengan pengembalian kuota 20 persen pada tahun ini sebanyak 20 orang, jadi jumlahnya 151 orang," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama setempat Suharmen di Koto Baru, Rabu.

Kemenag Solok sudah melakukan pemeriksaan kesehatan awal terhadap calon haji untuk mengetahui kondisi kesehatannya dan mencegah hal yang tidak diinginkan di tanah suci nantinya.

Dari pemeriksaan awal itu sejauh ini semua calon haji dalam kondisi sehat, kendati sejumlah calon haji kelebihan kolestrol atau menderita asam urat.

"Pada tahun 2016, ada satu orang jamaah yang gagal berangkat sebab penyakit parkinson. Hal ini disebabkan pesawat yang terlambat hingga 5 jam sehingga membuat jamaah kambuh penyakitnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pemeriksaan kesehatan memang dilakukan beberapa tahap agar jamaah dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pemeriksaan dapat dilakukan di puskesmas di daerah masing-masing jamaah dan akan dirujuk ke rumah sakit umum (RSU) Solok untuk pemeriksaan secara menyeluruh (general chek up).

Untuk pelaksanaan manasik haji terdapat dua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang dapat dipilih secara bebas oleh calon haji. Kemenag Solok juga akan memberikan bimbingan tambahan.

"Sedangkan untuk biaya haji pada 2017 dan jumlah kuota jamaah haji pada 2018, kami masih menunggu Kepres dan regulasi dari pusat," katanya.

Ia menyebutkan, biaya haji kabupaten Solok pada tahun 2016 sebesar Rp32,5 juta. Biaya tersebut disesuaikan dengan kurs dolar pada tiap tahun.

"Sekarang, ada sekitar lima orang rata-rata masyarakat yang mendaftar haji setiap harinya di kantor Kemenag," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
 Padang,  (Antara Sumbar) - Beberapa tahun terakhir publik di Tanah Air  kerap disuguhipemberitaan ...
Baca Juga