Selasa, 22 Agustus 2017 - 30 Zulqaidah 1438 H

Warga Serahkan Buaya Muara ke BKSDA Sumbar

Buaya. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Painan, (Antara Sumbar) - Warga Nagari (desa adat) Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan seekor buaya muara ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi itu.

Wali Nagari Batu Hampar Selatan Andi Hasan di Painan, Rabu, mengatakan buaya muara itu sebelumnya masuk perangkap yang dipasang masyarakat setempat.

"Buaya sepanjang 2,8 meter berjenis kelamin betina tersebut beberapa hari terakhir kerap menampakkan diri ke permukaan sungai dan warga berinisiatif membuat perangkap," kata dia.

Menjelang siang pada Rabu (15/3), buaya tersebut pun masuk perangkap dan warga bersegera melumpuhkan binatang melata itu dengan cara mengikatnya.

"Alhamdulillah buaya tersebut bisa kami kendalikan hingga petugas BKSDA datang menjemput," kata Andi.

Menurutnya, pada akhir 2016 buaya tersebut juga kerap menampakkan diri bahkan tim BKSDA juga turun tangan namun upaya penangkapan gagal.

"Kami bersyukur buaya ini berhasil ditangkap dan pastinya warga tidak resah lagi ketika beraktivitas di pinggiran sungai," ujarnya.

Sementara itu, warga setempat yang juga menjabat sebagai kepala kampung di daerah itu, Tasri (45), mengatakan perangkap tersebut ia pasang menjelang sore pada Selasa (14/3).

Buaya Muara tersebut diserahkan oleh wali nagari setempat ke pejabat BKSDA Sumbar, Zulmi Gusrul. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga