Presiden Diundang Resmikan Titik Nol Islam Nusantara

id Jokowi, Titik, Nol, Islam, Nusantara

Presiden Diundang Resmikan Titik Nol Islam Nusantara

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo diundang untuk meresmikan tugu titik nol atau Tugu Islam Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Undangan tersebut disampaikan DPP Jami'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) yang diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Ketua Umum DPP JBMI Albiner Sitompul saat memberikan pengantar dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu mengatakan bahwa JBMI akan menyelenggarakan silaturahmi nasional di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Dirangkaikan dengan kegiatan peresmian titik nol Tugu Islam Indonesia, yang saat ini dalam pandangan PBNU titik 0 Islam Nusantara," katanya.

Albiner yang menjadi penanggung jawab acara Silaturahmi Nasional JBMI itu menyatakan saat ini sudah melaksanakan persiapan dan perencanaan untuk acara tersebut.

"Alhamdulillah bahwa kami sudah melaksanakan persiapan dan perencanaan dan kami sangat berharap pada puncak silatnas Bapak berkenan hadir. Konsep yang kami kembangkan, yang kami bawa adalah sesuai dengan tema Indonesia; martangiang," katanya.

Martangiang berasal dari bahasa Batak yang artinya berdoa.

Menurut dia, tema terkait dalam kesepakatan terhadap perbedaan, kebersamaan persaudaraan, menuju Indonesia gemilang.

"Bapak yang terhormat di sini kami membawa tokoh agama sebagai pengarah dan pendukung terselenggaranya acara," katanya.

Pada kesempatan itu Albiner yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden beberapa tahun silam itu mengatakan ada beberapa harapan bahwa Mustofawiyah sebagai lembaga pendidikan pengembangan doktrin Islam pertama di Tapanuli sangat mengharapkan Presiden berkenan hadir dan bermalam di pondok pesantren dengan jumlah santri mencapai 12.000 orang tersebut.

Rencananya silatnas JBMI akan digelar pada 24-25 Maret 2017.

Sejumlah tokoh yang turut serta hadir dalam pertemuan dengan Presiden yakni Bupati Mandailing Natal Dahlan Nasution, KH Mifta Hul Achyar wakil Rois Am PBNU, Syekh Ali Akbar Marbun Ketua Dewan Ulama JBMI, Prof Dr Rusmin Tumanggor Dewan Pakar JBMI dan Guru Besar UIN Jakarta, Asril Pasaribu Hakim Laut Kemenhub dan Dewan Cendekia JBMI, Arif Rahmansyah Marbun Sekretaris Jenderal DPP JBMI dan Ketua Panitia Silatnas, Muryanto Tanjung Pengarah Silatnas, Mustafa Bakri Nasution Pimpinan Pondok Pesantren Mustofawiyah sekaligus pengarah silatnas, dan Habib Hasan pengarah silatnas tentang Arab.

Presiden Jokowi dalam pertemuan itu didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan menurut JBMI setelah pertemuan itu Presiden sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir dan bermalam di pondok pesantren. (*)