Padang Panjang Dirikan Posko Peduli Bencana

id Posko, Peduli, Bencana, Padangpanjang

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPBD Kesbangpol) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mendirikan posko peduli bencana untuk korban bencana banjir di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Posko yang kami dirikan ini untuk menyalurkan bantuan dari berbagai elemen masyarakat kepada korban banjir di Limapuluh Kota," kata Kepala BPBD Kesbangpol Erizal melalui kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Zulheri di Padang Panjang, Rabu.

Posko itu nantinya kata dia akan menerima bantuan dari masyarakat apapun bentuknya mulai dari berupa uang, pakaian layak pakai, dan sembako yang nantinya akan disalurkan kepada korban bencana.

"Kami akan kumpulkan terlebih dahulu sebelum bantuan itu disalurkan," ujarnya.

Ia mengatakan sumbangsih dari masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya sangat dibutuhkan oleh korban banjir di Limapuluh Kota, karena bencana tersebut sudah menelan nyawa dan harta.

"Banjir yang melanda Limapuluh Kota menelan kerugian ratusan miliar dan enam orang meninggal dunia. Uluran tangan dari semua lapisan masyarakat sangat dibutuhkan," sebutnya.

Terkait bencana Pemkot Padang Panjang melalui BPBD Kesbangpol terus mengadakan sosialisasi dan informasi mengenai penanggulangan bencana melalui media masa seperti radio dan vidiotron.

Padang Panjang jelasnya, sebagai salah satu daerah yang rawan bencana terutama gempa, maka BPBD akan mengadakan simulasi penanggulangan bencana gempa kepada Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait.

Masyarakat Padang Panjang Januar memberikan apresiasi kepada pemerintah setempat yang sudah menyediakan posko peduli bencana Limapuluh Kota.

"Posko itu sangat dibutuhkan, karena ada yang akan mengkoordinir bantuan masyarakat sebelum disalurkan," katanya. (*)