Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

Pesisir Selatan Maksimalkan Retribusi Pariwisata Tingkatkan PAD

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memaksimalkan retribusi pariwisata di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh dan Pantai Sago dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pendapatan Pesisir Selatan, Dasrianto Putra di Painan, Rabu, mengatakan sebelumnya pada objek wisata tersebut belum dilaksanakan pemungutan retribusi berupa karcis masuk.

"Agar penjualan karcis tepat sasaran pegawai pemungut akan didampingi oleh petugas monitoring dan evaluasi (monev) yang kami bentuk," tambahnya.

Ia menyebutkan peluang bertambahnya PAD melalui karcis di kedua objek wisata cukup besar karena jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat.

"Kami tidak menetapkan persentase bertambahnya PAD dari retribusi itu namun kami cukup optimistis keduanya mampu menambah PAD secara signifikan," kata dia.

Ia melanjutkan jika terdapat kesepakatan antara pihaknya dan organisasi perangkat daerah terkait akhir Maret 2017 pemungutan itu akan dilaksanakan.

"Semakin cepat tentu semakin baik dan karcis masuk itu juga sudah kami siapkan," tambahnya.

Masyarakat setempat, Zulkifli berharap pemungutan retribusi di lokasi objek wisata sejalan dengan pembenahan sarana dan prasarana di lokasi.

Menurutnya pembenahan itu akan memberi angin segar kepada wisatawan dan juga masyarakat sekitar.

"Hal tersebut tentu saja akan menciptakan citra positif pariwisata Pesisir Selatan baik oleh wisatawan lokal atau pun mancanegara," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga